UNIBA Surakarta memiliki komitmen untuk selalu berkontribusi pada masyarakat. Lewat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta implementasi ipteks, UNIBA Surakarta mendedikasikan diri untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan kehidupan masyarakat. Tim Program Kemitraan Masyarakat UNIBA Surakarta terdiri dari Ibu Kartika Hendra Titisari, Ibu Riana Rachmawati Dewi, dan Bapak Pramono Hadi melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di desa Puntukrejo, Ngargoyoso, Karanganyar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini turut melibatkan mahasiswa dalam pelaksanaannya. Keikutsertaan mahasiswa ini menjadi rekognisi implementasi MBKM pengganti mata kuliah KKN (Kuliah Kerja Nyata), sehingga mahasiswa tidak perlu lagi mengikuti KKN.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 12-13 Oktober 2023. Pada kegiatan pengabdian masyarakat berbentuk pendampingan dan pelatihan menajemen usaha dan pemasaran online. Pada pelatihan manajemen usaha berupa pelatihan pembukuan sederhana menghadirkan narasumber Agni Astungkara yang juga aktif mengajar sebagai dosen akuntansi, dan pada pelatihan pemasaran online menghadirkan Mukti Kurniawan, praktisi di bidang marketing dan multimedia. Sebagai narasumber. Kegiatan ini melibatkan para pelaku UMKM yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Puntukrejo, Ngargoyoso, Karanganyar. Acara pelatihan dan pendampingan ini sangat interaktif, hal ini didukung dengan 21 anggota KWT yang sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Selain diberikan pelatihan dan pendampingan, Tim UNIBA Surakarta juga memberikan bantuan alat untuk kemajuan usaha para anggota KWT. Bantuan berupa separangkat komputer jinjing (laptop), perangkat pemasaran, sealer, serta alat-alat pembukuan. Pemanfaatan media digital ini nantinya bekerjasama dengan BUMDes Desa Puntukrejo. Tim pengabdian telah mempersiapkan platform website KWT Murakabi Puntukerejo yang bisa digunakan sebagai pemasaran online. Untuk pengoperasian website tersebut selanjutnya akan dilakukan oleh operator BUMDes.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Program Kemitraan Masyarakat  UNIBA Surakarta ini didanai langsung oleh Dirjen Dikti- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun anggaran 2023. Ketua Tim, Dr. Kartika Hendra Titisari mengungkapkan bahwa,”Adanya pelatihan dan pendampingan bagi anggota KWT Desa Puntukrejo ini diharapkan mampu membekali para anggota dengan kemampuan manajemen usaha dan pemasaran online. Seiring dengan kemampuan yang dimiliki oleh para anggota KWT, nantinya mereka akan lebih mampu dan mandiri dalam mejalankan usahanya, yang akhirnya akan bermuara pada peningkatan penjualan hingga peningkatan perekonomian anggotanya.”