Home / Info Kampus / Workshop Program Kreativitas Mahasiswa 2016

Workshop Program Kreativitas Mahasiswa 2016

IMG_5334Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu program yang dijalankan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Salah satu tujuan dari dilaksanakanya kegiatan PKM adalah membarikan bekal bagi lulusan perguruan tinggi agar dapat memiliki empat keahlian dasar yang menjadi tuntutan sebagai seorang intelektual, yaitu memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Dengan memiliki keempat keterampilan atau kemahiran tersebut, mutu lulusan perguruan tinggi dapat meningkat sehingga daya saing menjadi lebih baik. Melalui PKM, mahasiswa diberikan peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, dan membangun kerja sama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalamm bidang ilmu yang ditekuni.

PKM menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi sehingga diharapkan mereka dapat menjadi pemimpin yang cendekia, berwawasan wirausaha, dan berjiwa mendiri dan arif. Universitas Islam Batik Surakarta adalah perguruan tinggi yang berada di Surakarta yang mempunyai komitmen pengembangan Program Kreativitas Mahasiawa salah satu lembaga yang dibentuk untuk mendukung terwujudnya visi dan misi UNIBA. Hal ini UNIBA telah melaksanakan kegiatan Workshop dalam mendorong Program Kreativitas Mahasiswa serta peningkatan motivasi mahasiswa. Kegiatan workshop diikuti oleh 130 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen. Bertempat di ruang Sidoluhur UNIBA, acara yang dilaksanakan pada Sabtu, 9 April 2016 menghadirkan narasumber Ir. Gatot Murdjito (Tim pakar DP2M, Dosen UGM). Tujuan dari workshop yaitu memberikan informasi yang memadai tentang Program Kreatifitas Mahasiswa Program Dikti dan Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun proposal skim Dana Hibah Dikti.

Check Also

KELAS UNGGULAN UPAYA UNIBA JAWAB TANTANGAN GLOBAL

Menghadapi tantangan global membutuhkan persiapan yang matang dan sumberdaya yang mumpuni. Pergerakan dunia yang semakin …