Home / Info Kampus / WEBINAR MOTIVASI “BE STRUGGLE ON NEW NORMAL”

WEBINAR MOTIVASI “BE STRUGGLE ON NEW NORMAL”

Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) bekerjasama dengan Program Studi Peternakan UNIBA Surakarta menyelenggarakan Webinar Motivasi  dengan tema “BE STRUGGLE ON NEW NORMAL”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 12 November 2020. Webinar ini menghadirkan narasumber yaitu Ir. Hari Indra Yudayana, MM., beliau merupakan dosen UNIBA Surakarta, Widyaiswara dan Hypnotherapist. Moderator webinar adalah Putri Awaliya Dughita, S.Pt, M.Sc, Dosen Prodi Peternakan Fakultas Teknik, Sains dan Pertanian UNIBA Surakarta. Webinar dilaksanakan melalui media zoom meeting dan youtube. Peserta webinar terdiri dosen, praktisi, penyuluh, guru, mahasiswa, dan siswa.

Sambutan disampaikan oleh Srie Juli Rachmawatie, SP., M.Si. selaku Ketua LP3M UNIBA Surakarta. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa pandemi Covid-19 ini berdampak ke seluruh sektor, pendapatan masyarakat mengalami penurunan, pengganguran semakin banyak dan lowongan pekerjaan yang semakin berkurang. Dampak secara physiologis maupun ekonomi terasa sangat nyata sehingga perlu adanya strategi bertahan di masa new normal. Hal itulah yang menjadi latar belakang diadakannya webinar ini. 

Ir. Hari Indra Yudayana, MM. menjelaskan bagaimana cara untuk tetap produktif dan menjaga motivasi disaat sulit di masa pandemi Covid-19. Kapan berakhir pandemi? Disaat kita tidak bisa mengubah situasi, disitulah kita ditantang untuk mengubah diri kita sendiri. Kekuatan pikiran dapat mengubah apa yang ada di dalam diri, pikiran dapat mempengaruhi kehidupan. Kunci penting di masa pandemi adalah PHK, P:Pikiran, H:Hati dan K:Kelakuan atau perbuatan.

Masa pandemi ini tentunya membuat orang merasa bosan dengan rutinitas yang terbatasi. Sehingga penting bagi kita untuk menentukan apa passion yang ada di dalam diri kita. Passion biasanya adalah kegiatan yang kita sukai, datang secara alamiah, membuat berenergi dan menghidupkan, mengalir begitu saja dan membuat waktu terasa singkat ketika mengerjakannya. Beliau juga mengatakan passion harus ditemukan dan dikembangkan karena  akan mempengaruhi terhadap perkembangan diri kita ke depan, menjadikan pribadi yang lebih baik. Di sela-sela pemaparan materi, beliau mengadakan kuis untuk menjalin interaksi antara pembicara dengan para peserta webinar. Peserta webinar antusias dalam memberikan beberapa pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan semangat, sehingga dapat bertahan di masa new normal.

Check Also

Pengajian Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Kyai Mojo bersama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *