Home / Info Kampus / Visiting Professor Assoc. Prof. Dr. Safiah Sidek: Upaya Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0

Visiting Professor Assoc. Prof. Dr. Safiah Sidek: Upaya Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0

Globalisasi menuntut seseorang untuk terus mengasah kemampuan mereka jika mengingkan eksistensi di dunia yang serba dinamis ini. Salah satu cara untuk tetap menjaga eksistensi di era globalisasi adalah memperkuat daya saing. Memperkuat daya saing menjadi prasyarat mutlak bagi apapun dan siapapun di era globalisasi dan digitalisasi saat ini. Terlebih dunia saat ini sedang dilanda gelombang otomatisasi yang segala lini kehidupan, hingga akhirnya muncul istilah disruptive technology. Keunggulan kompetitif harus terus diasah, sehingga dapat menjadi modal utama untuk tetap dapat bertahan dan berkembang di era disruptive technology (Revolusi Industri 4.0).

Perkembangan era yang begitu cepat tentunya memberikan konsekuensi tersendiri. Konsekuensi dari bergantinya era tersebut adalah munculnya ujian yang berat bagi organisasi yang telah lama dibangun. Hal tersebut dikarenakan membuat perubahan perilaku anggotanya maupun masyarakat sebagai lingkungannya. Tantangan utama yang harus dihadapi adalah bagaimana model komunikasi bisnis agar daya saing bisnis meningkat dan dapat memenangkan persaingan. Tantangan tersebut juga menjadi tantangan tersendiri bagi UNIBA Surakarta sebagai perguruan tinggi berbasis ke-Islam-an.

UNIBA Surakarta menjalankan langkah pro aktif dalam menghadapi era disruptive technology. Melalui program Magister UNIBA Surakarta, UNIBA menjawab tantangan yang diberikan oleh era disruptive technology. Salah satu langkah yang ditempuh oleh program Magister UNIBA Surakarta adalah menggelar kuliah umum  dengan visiting professor:Assoc.Prof. Dr. Safiah Sidek dari University Teknikal Malaysia (UTeM) Melaka.

Kuliah umum dengan tema,“Komunikasi Bisnis Islam dalam Kompetisi Era Revolusi Industri 4.0”, dilaksankan pada hari Minggu, 27 Januari 2019, pukul 10.30 – 12.00 WIB. Kuliah umum tersebut dihadiri oleh semua mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) UNIBA dan Dosen PPs UNIBA Surakarta.

Adanya program tersebut diharapkan menjadi jawaban atas tantangan yang diberikan oleh era disruptive technology. Langkah yang ditempuh UNIBA Surakarta ini diharapkan mampu memberikan bagi para mahasiswa pun civitas akademika UNIBA Surakarta untuk dapat mengasah kompetensi dalam berlaga di era Revolusi Industri 4.0.

Check Also

UNIBA SURAKARTA GELAR SEMINAR KEWIRAUSAHAAN: MOTIVATE YOURSELF TO BE YOUR OWN BOSS

Kewirausahaan adalah salah satu bentuk kemandirian. Sesorang yang mampu berwirausaha maka dapat dikatakan ia mampu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *