Home / Info Kampus / Fakultas Ekonomi / Universitas Islam Batik Surakarta Gelar Wisuda Sarjana Angkatan XLV dan Magister Angkatan XXIV

Universitas Islam Batik Surakarta Gelar Wisuda Sarjana Angkatan XLV dan Magister Angkatan XXIV

Surakarta, 28 September 2019 (UNIBA) – Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta kembali menyelenggarakan Wisuda Sarjana Angkatan XLV dan Magister Angkatan XXIV Tahun Akademik 2019/2020, bertempat di Gedung Graha Sabha Buana (Jl. Letjen Suprapto No. 80-B Sumber, Banjarsari, Surakarta), pada pukul 08-00 WIB – Selesai. Undangan yang hadir yakni para jajaran senat dari Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta, pejabat sipil dan militer, perwakilan kopertis wilayah VI, serta wisudawan-wisudawati bersama wali masing-masing dan tamu undangan lainnya.

Wisudawan Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta berjumlah 233 lulusan yang terdiri dari 79 lulusan prodi Manajemen, 49 lulusan prodi Akuntansi, 35 lulusan prodi Hukum, 8 lulusan fakultas teknik, sains, dan pertanian, dan 62 lulusan Pascasarjana.  Dari 233 lulusan tersebut terdapat wisudawan-wisudawati dengan kualifikasi terbaik (Cumlaude Terbaik) untuk  masing-masing program studi yakni : (1). Program Studi Ekonomi Manajemen/S2 : Setiawan, M.Si dengan IPK ; 3,85, (2). Program Studi Ilmu Hukum/S1 : Anandrio Adi Pratama, SH  dengan IPK ; 3,67 , (3). Program Studi Agrotekonologi/S1: Teguh Riyanto, SP dengan IPK : 3,58, (4). Program Studi Akuntansi/S1 : Neni Yuliana, SE  dengan IPK ; 3,57 dan (5).  Program Studi Manajemen /S1 : Rida Budiharso, SE dengan IPK ; 3,89. Kelima wisudawan-wisudawati tersebut akan dilepas oleh Rektor Universitas Islam Batik Surakarta Dr. Pramono Hadi, SP, M.Si. Wisudawan yang lain akan dilepas oleh dekan masing –masing fakultas.

Dr. Pramono Hadi, SP, M.Si. menyampaikan bahwa UNIBA Surakarta memiliki komitmen kuat secara berkelanjutan untuk meningkatkan status dan kredibilitasnya dengan berupaya untuk selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Peningkatan SDM selalu dilakukan UNIBA Surakarta untuk menunjang kualitas dan sebagai bekal untuk bersaing di revolusi industri 4.0, serta society 5.0.

Prestasi yang membanggakan juga telah diraih UNIBA Surakarta di rangking Webometric berada pada peringkat 445 dari 2120 perguruan tinggi pada tahun 2019, versi 4icu pada peringkat 298 pada tahum 2019 dan Science and Technology Index (SINTA) Ristekdikti, UNIBA Surakarta menduduki ranking 224 dari 2120 perguruan tinggi di Indonesia. Selanjutnya UNIBA Surakarta juga telah terakreditasi  B untuk AIPT (Akreditasi Institusi PT), serta telah terakreditasi internasional ISO 9000:2015 dari Lembaga Akreditasi Internasional TUV-SUD untuk Quality Management System (QMS). UNIBA Surakarta juga mempunyai hak untuk menguji CPAI (Certificate Public Accountants of Indonesia) untuk profesi Akuntansi tingkat ASEAN.

Rektor UNIBA Surakarta menambahkan telah terjadi peningkatan di bidang penelitian dan pengabdian, prestasi UNIBA. Hal tersebut ditandai dengan peningkatan ranking Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP3M)  dari status binaan menjadi Madya. Hal ini berarti pendanaan dari Kemenristek Dikti bisa diraih lebih tinggi dari tahun sebelumnya dengan kisaran angka 7,5 milyar setiap tahun. Prestasi ini merupakan indikator semakin bertambahnya kualitas dan kuantitas jenis skim penelitian dan pengabdian yang dapat diraih UNIBA. Selain pendanaan eksternal, UNIBA juga memberikan pendanaan secara internal dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian, dengan alokasi pendanaan sebesar 15% dari total anggaran. Sejumlah pendanaan tersebut merupakan upaya untuk memberikan kontribusi penelitian dengan partisipasi mahasiswa dengan harapan dari tahun ke tahun semakin naik persentasenya baik secara kuantitas dan kualitasnya. Selain sumber pendanaan, dukungan sumberdaya manusia juga terus diupayakan seperti peraihan sembilan (9) dosen telah mendapatkan sertifikat reviewer pada tahun 2019. Selainitu 71 dosen UNIBA telah terdaftar pada sinta2ristekdikti.

Langkah yang telah ditempuh serta capaian yang telah di raih semakin menguatkan eksistensi UNIBA Surakarta sebagai Lembaga Pendidikan yang berprofesional dan berkualitas. Rektor UNIBA Surakarta berpesan kepada para alumni UNIBA Surakarta untuk senantiasa menjaga nama baik almamater.  Terlebih dengan disandangnya status sarjana dan magister maka tanggung jawab moral kepada masyarakat semakin tinggi. Harapan yang tersemat kepada alumni tersebut juga meliputi kebermanfaatan ilmu yang diperoleh untuk kepentingan masyarakat, nusa, bangsa, dan agama.

Check Also

HIMAGROTEK UNIBA SURAKARTA ADAKAN SEMINAR DENGAN TEMA: PERAN GENERASI MILENIAL DALAM MENJAGA KEDAULATAN PANGAN UNTUK MENCAPAI SDG’S

Tanggal 16 Oktober di Indonesia diperingati sebagai hari pangan nasional. Pada peringatan hari pangan nasional …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *