Home / Info Kampus / UNIBA SURAKARTA PERSIAPKAN GENERASI QURANI – LEWAT LOMBA MUSABAQOH TILAWAH QURAN DAN MUSABAQOH MUROTTAL QURAN (MTQ DAN MMQ)

UNIBA SURAKARTA PERSIAPKAN GENERASI QURANI – LEWAT LOMBA MUSABAQOH TILAWAH QURAN DAN MUSABAQOH MUROTTAL QURAN (MTQ DAN MMQ)

Dari beberapa penelitian tentang minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an serta tilawatil Qur’an dikalangan remaja dan pelajar sangat menurun, karena itu sangat penting dilakukan upaya motivasi pada remaja untuk mencintai membaca Al-Qur’an. UNIBA Surakarta memilih Musabaqoh Tilawatil Qur’an & Musabaqoh Murottal Qur’an sebagai bagian agenda rutin dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis setiap tahun untuk mewujudkan generasi Quarani.

Tujuan diadakannya lomba MTQ dan MMQ ini adalah untuk mencapai visi misi dan branding UNIBA sebagai Universitas Islam. Oleh karena itu UNIBA menjadi Universitas pioner penyelenggara MTQ dan MMQ bagi siswa SMA se-Solo Raya setiap tahun. Selain itu, lomba MTQ dan MMQ ini adalah sebagai media memperkenalkan UNIBA pada masyarakat, khususnya para siswa SMA di wilayah Solo dan sekitarnya. Sasaran lomba anak SMA dipilih, karena MTQ dan MMQ diharapkan dapat menggairahkan budaya cinta membaca Al-Quran dikalangan remaja. 

Pada tahun ini Dies Natalis UNIBA yang ke -36, Insya Allah akan diikuti oleh siswa dan siswi SMA/Sederajat se–Solo Raya, dalam rangka memperebutkan Juara I,  Juara ke II, Juara ke III serta Harapan I dan II Putra Putri untuk Kategori Tilawah (MTQ) dan Murottal (MMQ). Hadiah yang diperebutkan adalah berupa Trophy yang dipersembahkan oleh Walikota Surakarta dan Rektor UNIBA, dan yang membuat tahun ini berbeda adalah adanya Trophy Juara Umum Rektor UNIBA Surakarta. Hadiah beasiswa dengan total senilai 10.800.000 berupa uang tunai sebesar 1.000.000 untuk juara I, 750.000 untuk Juara II, 500.000 untuk Juara III, 250.000 untuk Juara Harapan I dan 200.000 untuk Juara Harapan II.  Keseluruhan terdapat total 20 pemenang dan masing-masing peserta juga akan menerima sertifikat sebagai penghargaan atas keikutsertaannya dalam Lomba.

Ketentuan Surat dan Ayat Al-Qur’an yang dibaca adalah:

  1. QS. Al-Baqarah : 183 dan seterusnya
  2. QS. Ali-Imran : 133 dan seterusnya
  3. QS. Al-Fath : 29 dan seterusnya
  4. QS. Al-Isra’ : 1 dan seterusnya
  5. QS. Ar-Rahman : 1 dan seterusnya

Pemilihan panitia penyelenggaran terhadap surat-surat tersebut adalah karena surat tersebut yang sangat familiar di kalangan Qori’/ Qori’ah pemula atau remaja. Acara tersebut diselenggarakan di Kampus UNIBA Surakarta pada hari Selasa, 23 Juli 2019. Untuk Tim Juri terdiri dari tokoh-tokoh yang kapabel dibidangnya dan sudah mempunyai pengalaman dalam penjurian MTQ dari Departemen Agama, Lembaga   Kursus Tilawah/ Qiro’ah serta Dosen UNIBA dan IAIN Surakarta

Pada kategori MTQ putra, juara pertama diraih oleh Hannan Rizqi Zain dari SMA Muhammadiyah 1 Klaten, juara kedua diraih oleh Rahmat Rio Ginting dari MAN 2 Klaten, juara tiga diraih oleh Landung Azbarkati dari MA Raudlatul Ma’arif Simo Boyolali, juara harapan 1 diraih oleh Nabil Sarmada dari SMA IT Ibnu Abbas Klaten, dan juara harapan dua diraih oleh Ruhul Qodri dari MAN 2 Surakarta.

Pada kategori MTQ putri, juara pertama diraih oleh Fadhilah K.N dari SMAN 1 Tawangsari Klaten, , juara kedua diraih oleh Aulia Hilmi dari SMA IT Ibnu Abbas Klaten, juara tiga diraih oleh Salmaa Fauziyyah dari SMA Muhammadiyah 1 Klaten, juara harapan 1 diraih oleh Aqilla Fauzia dari SMA Assalam Sukoharjo, dan juara harapan dua diraih oleh Althoof Az Zahra B dari MAN 1 Surakarta.

Pada kategori MMQ putri, juara pertama diraih oleh Saffanatussa ‘Idiyah dari SMA IT Ibnu Abbas Klaten, juara kedua diraih oleh nanda Sukmawati dari MAN 1 Klaten, juara tiga diraih oleh Fitria Umi Muslimah dari MA Raudlatul Ma’arif Simo Boyolali, juara harapan 1 diraih Nafisah Sari dari Ponpes Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo, sedangkan juara harapan dua diraih oleh Rahmadina Vita Jannah dari MAN 2 Surakarta.

Pada kategori MMQ putra, juara pertama diraih oleh Yasfi Suryalfithro Al Ghazi dari SMA IT Ibnu Abbas Klaten, juara kedua diraih oleh Jundy Nasrulloh dari SMA Muhammadiyah 1 Klaten, juara tiga diraih oleh Angga Adi Pratama dari SMA Muhammadiyah 1 Simo Boyolali, juara harapan 1 diraih Fuad Adhi Prasetya dari SMA N 1 Sukoharjo, sedangkan juara harapan dua diraih oleh Ziyad Fatihuni’am A. dari MAN 2 Klaten.

Perbedaan dengan lomba MMQ dan MTQ dengan tahun sebelumnya adalah adanya juara umum. Adapun peraih juara umum kategori MMQ putra adalah Yasfi Suryalfithro Al Ghazi dari SMA IT Ibnu Abbas Klaten, dan MMQ putri adalah Saffanatussa ‘Idiyah dari SMA IT Ibnu Abbas Klaten. Sedangkan untuk juara umum kategori MTQ putra adalah Nabil Sarmada dari SMA IT Ibnu Abbas Klaten dan MTQ putri adalah Aulia Hilmi dari SMA IT Ibnu Abbas Klaten.

Harapan ketua panitia penyelenggara atas terselenggaranya lomba MTQ dan MMQ ini adalah semakin membumi dan meningkatnya minat baca Al-Quran dikalangan remaja, sebagai generasi penerus bangsa yang berakhlakul karimah sebagai syiar Islam. Menumbuhkan  semangat cinta Al Qur’an dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Dan juga bisa memperkenalkan lebih dekat UNIBA Surakarta di kalangan Siswa dan Siswi SMA/Sederajat Se-Solo Raya. (RAH/FE)

Check Also

KOLABORASI BI SURAKARTA-UNIBA SURAKARTA: KULIAH UMUM REVOLUSI SISTEM PEMBAYARAN DI ERA EKONOMI DIGITAL

Senin, 14 Oktober 2019, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UNIBA Surakarta mengadakan kuliah umum bertemakan Revolusi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *