Home / Info Kampus / UNIBA SURAKARTA KIRIM AIR BERSIH KE KECAMATAN PARANGGUPITO, KABUPATEN WONOGIRI

UNIBA SURAKARTA KIRIM AIR BERSIH KE KECAMATAN PARANGGUPITO, KABUPATEN WONOGIRI

Selasa tanggal 20 Agustus 2019, civitas akademika Universitas Islam Batik Surakarta ( UNIBA )  telah mengirimkan bantuan air bersih ke kecamatan Paranggupito kabupaten Wonogiri. Pengiriman air bersih tersebut dilakukan karena minimnya akses bersih di daerah tersebut.selain itu, dipilihnya wilayah tersebut karena  di kecamatan Paranggupito terdapat beberapa penduduk yang masih kekurangan air bersih akibat kemarau panjang. 

Sebagai sasaran penerima bantuan adalah kepala keluarga yang dipandang kurang mampu dari segi ekonomi. Penentuan sasaran penerima bantuan air bersih dilakukan oleh kepala desa setempat. Serah terima bantuan  air bersih dilaksanakan di ruang kantor camat Paranggupito. Penyerahan dari pihak UNIBA Surakarta diwakili oleh Rudatyo. Rudatyo adalah wakil rektor bidang non akademik yang pada kesempatan itu didampingi oleh Istiatin sebagai ketua Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa ( LIPMB ),  Sri Julie Rahmawati (Dekan Fakultas Tehnik Sain dan Peteranakan, dan M.Ihsan (Dosen senior Program Studi Agroteknologi). Bantuan langsung diterima oleh Camat Paranggupito Eko Nur Cahyono yang didampingi kepala desa sasaran, kepala Desa Sidoharjo, Gudangharjo, Ketos, Songbledeg dan Johunut. 

Bantuan air bersih untuk pengiriman pertama adalah dusun Tlogorejo, Desa Songbledeg  sebanyak 20 tangki. Untuk selanjutnya akan dikirm ke desa-desa lain sepuluh tangki air setiap desa. Jadwal pengiriman akan diatur oleh biro penyedia jasa pengirman air bersih CV Tunas Merapi Pracimantoro. Air bersih yang dikirim sebanyak 60 (enam puluh ) tangki @ 7000 liter.  

Sumber dana dalam kegiatan tersebut berasal dari sumbangan spontan dari  para dosen dan tenaga kependidikan UNIBA Surakarta yang peduli akan kekurangan air bersih yang dirasakan masyarakat  Paranggupito, sebanyak empat puluh lima tangki. Sedangkan Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik Surakarta menyumbang lima belas tangki.  Bagi civitatas akademika , saat ini merupakan saat yang terbaik untuk bersedekah. Hal tersebut dikarenakan bersamaan dengan hari raya Idul Adha dan sekaligus memperingati hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74. Harapan yang terkandung di dalam  kegiatan itu ialah terciptanya hubungan silaturohmi yang baik antara UNIBA dengan masyarakat kabupaten Wonogiri dalam menjalankan Tri Darma Perguruan tinggi. (RDT/FH)

Check Also

KELAS UNGGULAN UPAYA UNIBA JAWAB TANTANGAN GLOBAL

Menghadapi tantangan global membutuhkan persiapan yang matang dan sumberdaya yang mumpuni. Pergerakan dunia yang semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *