Home / Info Kampus / UNIBA SURAKARTA KERJASAMA DENGAN DJP KANWIL JATENG II : DELEGASIKAN MAHASISWA UNTUK  MENJADI RELAWAN PAJAK

UNIBA SURAKARTA KERJASAMA DENGAN DJP KANWIL JATENG II : DELEGASIKAN MAHASISWA UNTUK  MENJADI RELAWAN PAJAK

Direktorat Jenderal Pajak (DJP), sebagai  institusi yang mengemban amanah untuk menghimpun penerimaan negara, DJP dituntut untuk selalu bekerja keras dan berkomitmen. Upaya DJP dalam meningkatkan penerimaan pajak cukup menggembirakan apabila dilihat pada semester pertama tahun 2018. Hal tersebut dilandasi fakta bahwa penerimaan pajak meningkat sebesar 14,4%. Peningkatan penerimaan pajak tersebut dilatarbelakangi dengan adanya jumlah wajib pajak yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Upaya reformasi perpajakan juga turut berperan serta dalam mendorong tumbuhnya angka penerimaan pajak.

Berbagai cara dilakukan Ditjen Pajak untuk agenda peningkatan jumlah penerimaan pajak. Salah satu upaya yang dilakukan Ditjen Pajak adalah melakukan inisiasi dini kepada masyarakat terkait kewajiban perpajakan. Inisiai sadar pajak ini dilakukan oleh Ditjen Pajak dilakukan mulai pada jenjang siswa Sekolah Dasar hingga ke mahasiswa pada perguruan tinggi. Upaya inisiasi sadar pajak untuk mahasiswa yang dilakukan oleh Ditjen Pajak ini mengambil langkah konkret dengan menggandeng institusi terkait dan kementrian terkait, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Bentuk kerjasama dengan Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Ditjen Pajak adalah membentuk Tax Center. Tax Center merupakan suatu unit kegiatan yang memiliki tugas untuk memberikan sosialisasi dan kesadaran pajak di tingkat mahasiswa. UNIBA Surakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan yang turut menjadi rekan kerjasama Ditjen Pajak untuk upaya peningkatan penerimaan pajak. Tax Center UNIBA Surakarta dalam hal ini dikelola oleh Dosen Akuntansi UNIBA Surakarta, yaitu Riana Rachmawati Dewi dan Purnama Siddi.

UNIBA Surakarta telah bekerjasama dengan Ditjen Pajak yang lebih dikenal dengan Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jawa Tengah II (disingkat DJP Kanwil Jateng II) sejak tahun 2015. Program kerja yang dibahas pada bulan Januari 2019 oleh tim Tax Center se Kanwil Jateng II diminta untuk ikut berpartisipasi mensukseskan program yang sudah dicanangkan oleh Ditjen Pajak Pusat.  

Pada tanggal 10 Januari 2019 DJP Kanwil Jateng II mengundang Tax Center untuk membahas kegiatan selama tahun 2019 dan salah satunya adalah mengikutsertakan mahasiswa dalam program nasional DJP. Agenda tersebut adalah program relawan pajak. Program relawan pajak adalah salah satu kegiatan dilakukan guna melakukan sosialisai terkait perpajakan. Para relawan pajak tersebut beranggotakan sembilan mahasiswa UNIBA Surakarta Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi. Para relawan pajak tersebut ditempatkan di KPP Surakarta yang nantinya melakukan sosialisasi ke beberapa instansi. Instansi-instansi tersebut diantaranya Korem Surakarta, Bank BCA Surakarta, RS Panti Waluyo Surakarta, RS Dr. Oen Surakarta, Hotel Swiss Bell, Hotel Alila,  dan Sunan Hotel Surakarta. Sebelum melakukan sosialisasi, untuk menjadi relawan pajak harus melalui beberapa tahapan. Tahapan-tahapan tersebut diantaranya sosialisasi awal atas program relawan pajak, pendaftaran, tahap seleksi dan wawancara, dan pelatihan. Tahap pelaksanaan program relawan pajak ini berlangsung selama bulan Maret 2019.

Harapan dari adanya program relawan pajak ini adalah untuk membumikan terkait perpajakan. Masyarakat diharapkan dapat mengenal tentang pajak di Indonesia, sehingga memudahkan masyarakat menunaikan kewajibannya dalam hal perpajakan. Sehingga penerimaan pajak dapat terus meningkat.

Check Also

KELAS UNGGULAN UPAYA UNIBA JAWAB TANTANGAN GLOBAL

Menghadapi tantangan global membutuhkan persiapan yang matang dan sumberdaya yang mumpuni. Pergerakan dunia yang semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *