Home / Info Kampus / UNIBA Surakarta Giat Go Global

UNIBA Surakarta Giat Go Global

Sebagai suatu perguruan tinggi swasta ternama di Surakarta, Universitas Islam Batik Surakarta (atau yang dikenal dengan UNIBA Surakarta) terus melakukan gebrakan-gebrakan yang bersifat quantum leap. Langkah strategisnya dimulai dengan mempercepat go global. Istilah go global ini mempertegas bahwa UNIBA mulai giat melakukan kerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi di luar negeri, utamanya di wilayah ASEAN. Kerjasamanya tidak hanya dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agrrement (MoA) saja, tetapi diwujudkan dalam kegiatan riil yang berkesinambungan.

Kerjasama dalam rangka go global untuk tahun ajaran 2017/2018 difokuskan pada dua universitas di Malaysia, yaitu dengan Universiti Teknikal Malaysia Malaka (UTeM) dan International Islamic University Malaysia (IIUM). Dua perguruan tinggi di Malaysia ini menjadi prioritas karena banyak kegiatan yang secara riil dapat diwujudkan, dan berjalan semakin hari semakin berkembang.

 

Kerjasama dengan UTeM dimulai dengan pengiriman delegasi Pascasarjana Program Studi Ilmu Manajemen (S2) untuk melakukan studi banding (Mei, 2017). Setelah itu dilanjutkan dengan pembicaraan kerjasama di bidang lainnya yang dituangkan dalam MoU dan MoA. Langkah lanjutannya adalah menjalin kerjasama penyelenggaraan program Ph.D UTeM (S3). Kegiatan ini direalisasikan dengan pengiriman SDM di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik dan Yayasan Pendidikan Batik, dimana UNIBA bernaung, sebanyak 23 orang untuk mengikuti program Ph.D UTeM. Seluruh mahasiswa S3 ini diarahkan untuk meneliti tentang hal-hal yang berkaitan dengan Internet of Things (IoT), yang merupakan portal untuk memasuki era industri 4.0. Kerjasama ini tidak berhenti di sini saja, ada langkah lainnya yang terus digarap, yaitu penyelenggaraan International Conference yang diselenggarakan tanggal 4-5 Oktober 2018 di UNIBA Surakarata, Joint Publication ke journal bereputasi internasional berindeks Scopus dan Thompson Reuter, Pelatihan scientific writing (Juni, 2108), Festival Batik di Malaysia dengan IPTK-UTeM sebagai host (Agustus 2018), Pelatihan Quilt and Patchwork di UTeM dengan instruktur dari UNIBA Surakarta (September 2018), kolaborasi studi seni dan budaya, Visiting Professor, penyelenggaraan program double degree untuk program studi teknik industri dan juga program studi manajemen (sedang pematangan pembicaraan).

Kerjasama dengan IIUM dimulai dengan komunikasi dengan International Institution of Halal Research and Training (INHART) dari IIUM. Setelah itu ditindaklanjuti dengan kuliah umum dengan tema The Growth of Halal Industry, dengan nara sumber Assoc. Prof. Dr. Betania Kartika, MA (INHART-IIUM) (Oktober 2017), Komunikasi lanjutan untuk pembicaraan program bersama di IIUM yang dihadiri oleh Ir. Solichul Hadi A. Bakri, M.Erg (Ketua Yapertib) dan Dr. Supawi Pawenang, SE, MM (WR Bidang Kerjasama), dilanjutkan dengan Workshop Design Halal Science Institution di UNIBA (Pebruari 2018) yang dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Irwandi Jaswir dan Assoc. Prof. Dr. Betania Kartika, yang sekaligus dibarengi dengan pendirian Halal Science Institution UNIBA Surakarta (20 Pebruari 2018). Guna menindaklanjuti pendirian Halal Science Institution UNIBA Surakarta diadakan Training The Trainers kepada 25 orang SDM UNIBA (Yapertib dan YPB) yang diselenggarakan di UNIBA Surakarta dengan nara sumber dari INHART-IIUM, masing-masing adalah: Assoc. Prof. Betania Kartika, Dr. Nurul Hidayah, Dr. Ezzam Muhammad.

Kerjasama dengan INHART-IIUM ini mengembang pula hingga ke pelatihan Akupunctur Korean Hand Theraphy hingga dua batch, sehingga saat ini di UNIBA Surakarta telah terdapat 10 akupunkturis tersertifikasi. Sebagai tindak lanjut dari pelatihan itu, maka didirikan Institusi yang diberi nama Yayasan Terapi Tangan Korea-Indonesia (Yattaki).

Kebijakan go global ini sudah dirancang di Rencana Induk Pengembangan UNIBA, namun pelaksanaannya diajukan lima tahun lebih awal. Alasannya adalah karena fundamental yang dipersiapkan telah mengalami pencapaian lebih awal. Guna mempertegas kebijakan ini maka UNIBA mengawali langkahnya dengan melakukan sertifikasi ISO 9001:2008 dari TUV-SUD. (WR IV)

Check Also

Edutainment Program UNIBA Surakarta-UteM Malaysia

UNIBA Surakarta mengadakan program edutaintment yang bertajuk “Advancement Collaboration Universitas Islam Batik Surakarta and University …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *