Home / Info Kampus / UNIBA SURAKARTA GELAR SEMINAR KEWIRAUSAHAAN: MOTIVATE YOURSELF TO BE YOUR OWN BOSS

UNIBA SURAKARTA GELAR SEMINAR KEWIRAUSAHAAN: MOTIVATE YOURSELF TO BE YOUR OWN BOSS

Kewirausahaan adalah salah satu bentuk kemandirian. Sesorang yang mampu berwirausaha maka dapat dikatakan ia mampu mandiri, khususnya dalam bidang finansial. Perilaku kewirausahaan ini perlu didorong untuk eksistensinya. Hal tersebut dikarenakan kewirausahaan tidak hanya memberikan dampak positif pada diri seseorang, namun juga mampu memberikan implikasi pada elemen yang lebih luas. Dampak positif adanya kewirausahaan ini dapat memberikan manfaat yang lebih luas, dari banyak lapangan kerja yang terbuka hingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Majunya perekonomian suatu negara merupakan salah satu andil besar dari adanya para pelaku wirausaha.

Fakta bahwa Indonesia merupakan salah saatu negara dengan penduduk terbesar didunia tidak dapat dielakkan lagi. Akan tetapi fakta tersebut tidak diiringi dengan jumlah pelaku wirausaha. Jika dihitung rasio antara jumlah pelaku usaha dengan total penduduk Indonesia hanya berada pada kisaran angka 3%. Hal tersebut sangat disayangkan, mengingat potensi untuk pertumbuhan ekonomi tidak dapat dicapai. Oleh sebab itu untuk mewujudkan potensi menjadi realitas, perlu adanya aksi nyata untuk mendorong jumlah para pelaku usaha.

Universitas Islam Batik Surakarta sebagai institusi penyelenggara pendidikan yang profesional, mengambil langkah konkret untuk mendorong lajunya jumlah pelaku usaha. UNIBA Surakarta memasukkan mata kuliah kewirausahaan dalam kurikulum pendidikan di setiap fakultas. Tidak hanya berhenti sampai di situ, UNIBA Surakarta juga mendatangkan praktisi, para pelaku usaha, untuk berbagi pengetahuan terkait ilmu-ilmu kewirausahaan di dunia praktik. Praktisi yang didatangkan oleh UNIBA Surakarta pada bulan April ini adalah Qari Samikh Sahadat. Acara tersebut dikemas dalam Seminar Kewirausahaan.

Seminar kewirausahaan tersebut digelar pada hari Jumat, tanggal 5 April 2019 di Ballroom Sidoluhur UNIBA Surakarta. Acara tersebut mendatangkan narasumber, Qari Samikh Sahadat, yang merupakan CEO dari YSF Enterprise, LLC Director-Wholesale Gallery Inc. Beliau adalah seorang pelaku wirausaha dari Amerika Serikat.

Acara seminar kewirausahaan tersebut mengangkat tema Motivate Yourself to Be Your Own Boss. Seminar tersebut memberikan motivasi dan pandangan-pandangan kepada mahasiswa untuk berwirausaha dalam lingkup lokal hingga internasional. Harapan yang tersematkan melalui acara tersebut adalah mahasiswa dapat terinspirasi untuk berwirausaha, dengan mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah didapat dan mengkombinasikan dengan pandangan-pandangan yang ada di dunia praktik.

 

Check Also

DELEGASI UNIBA SURAKARTA SABET GELAR JUARA DI AJANG LOMBA CATUR POM RAYON II SURAKARTA

Pekan Olahraga Mahasiswa merupakan suatu ajang kompetisi cabang olahraga yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *