Home / Info Kampus / UNIBA SURAKARTA DELEGASIKAN MAHASISWA UNTUK PROGRAM CULTURAL EXCHANGE STUDENT-UTEM MALAYSIA 2019

UNIBA SURAKARTA DELEGASIKAN MAHASISWA UNTUK PROGRAM CULTURAL EXCHANGE STUDENT-UTEM MALAYSIA 2019

Jumat, 25 Oktober 2019 adalah hari di mana delegasi UNIBA Surkarta akan dilepas secara seremonial oleh Rektor UNIBA Surakarta. Para delegasi tersebut merupakan delegasi yang dikirimkan oleh UNIBA Surakarta untuk Program Cultural Exchange Student yang diselenggarakan oleh UTeM Malaysia. Sebanyak 15 delegasi di lepas pada siang Jumat ini.

Pengiriman delegasi pada Program Cultural Exchange Student yang diadakan oleh UTeM Malaysia ini merupakan bentuk implementasi kerjasama dengan institusi pendidikan Luar Negeri antara UNIBA Surakarta dengan UTeM Malaysia. Program ini merupakan program tahun ke dua, setelah sebelumnya UNIBA Surakarta juga mengirimkan delegasi untuk program Student Exchange ke UTeM Malaysia pada tahun 2018. Pada tahun ini, tahun 2019 UNIBA menggandeng sejumlah institusi rekanan UNIBA Surakarta untuk turut berpartisipasi dalam program ini. Adapun rekanan-rekanan tersebut adalah SMA Batik 1 Surakarta, SMA Batik 2 Surakarta, SMK Batik 2 Surakarta, dan STIE Surakarta.

Program tersebut akan diselenggarakan selama 8 hari, yaitu mulai tanggal 27 Oktober hingga 4 November 2019. Kegiatan-kegiatan pada program tersebut meliputi bidang pendidikan dan kebudayaan. Selain bidang pendidikan dan kebudayaan, para peserta Program Cultural Exchange Student 2019 ini akan diajak untuk mempelajari kondisi sosial serta sistem-sistem sosial di Malaysia. Sehingga para delegasi akan diajak terjun ke masyarakat untuk lebih memahami struktur, sistem, serta kebudayaan masyarakat di sana secara lebih riil.

Menghadapi era global saat ini, mahasiswa harus dipersiapkan sedemikian rupa agar dapat mempertahankan eksistensi mereka. Selain pembekalan keilmuan, mahasiswa juga harus dibekali dengan soft skill serta membentuk cara berpikir yang terbuka. Harapan dari adanya kegiatan ini adalah terciptanya lulusan yang memiliki kompetensi serta kepercayaan diri untuk terjun ke dunia global. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan memiliki pemikiran-pemikiran terbuka. Pemikiran terbuka saat ini adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap lulusan. Melalui pemikiran yang terbuka maka ide gagasan untuk perubahan yang lebih baik akan dapat terwujud, serta transfer knowledge juga akan lebih mudah terjadi. Maka tidak menutup kemungkinan, para mahasiswa ini di masa depan dapat memberikan solusi-solusi atas permasalahan yang ada.

Check Also

LEJITKAN POTENSI BAHASA INGGRIS LEWAT FOCUS GROUP DISCUSSION

Selasa, 19 November 2019, Prodi Manajemen FE UNIBA Surakarta kedatangan tamu dari Sierra Leone – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *