Home / Info Kampus / UNIBA Surakarta Adakan Lomba Design Batik dan Student Exchange

UNIBA Surakarta Adakan Lomba Design Batik dan Student Exchange

Sejak  ditetapkan sebagai warisan budaya bangsa Indonesia oleh UNESCO pada tahun 2010, tren akan batik mulai dikenal oleh dunia. Selain membutuhkan publikasi, batik juga harus dilestarikan oleh generasi milenial saat ini.

Generasi milenial yang selalu bersinggungan dengan teknologi harus tetap menjaga kelestarian dan budaya batik. Sebagai salah satu penggiat kelestarian budaya, Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA Surakarta) melakukan gebrakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya batik.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Event Dies Natalis UNIBA yang ke 35, diawali dengan adanya Mobility Student From UTeM Malaysia pada tanggal 4-11 November 2018. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan dari UTeM ke UNIBA Surakarta, pada kegiatan ini 20 mahasiswa UTeM Malaysia  akan diajak untuk mengelilingi kampus UNIBA, SMA dan SMK Batik. Selain itu para pelajar dari UTeM Malaysia ini juga akan dikenalkan dengan budaya jawa, khususnya budaya solo seperti latihan karawitan, membatik, belajar tentang social budaya Indonesia, tata pemerintahan Indonesia dan sebagainya.

Selain kegiatan student exchange pihak UNIBA juga mengadakan Batik Design Competition. Dimana sasaranya adalah anak – anak siswa SMA/SMK/MA. Batik Design Competition yang akan dilaksanakan pada Selasa, 6 November 2018 ini akan bertempat langsung di kampus UNIBA Surakarta. Pada acara ini, peserta akan ditantang untuk membuat design motif batik yang kreatif dan original.

Sesuai gaya milenial yang serba mudah, registrasi kompetisi ini sangatlah simple peserta yang berminat dapat langsung melakukan regristasi di kampus UNIBA atau dengan menghubungi contact person yang tertera melalui pesan whatsapp

Adalah Wahyu Beny, penggagas sekaligus ketua dari lomba design batik ini. Beliau berharap kegiatan ini akan memperkokoh UNIBA sebagai kampus batik baik di Indonesia ataupun di mata Internasional ,“ Yang membuat acara ini berbeda dari kegiatan lain adalah adanya mahasiswa UTeM Malaysia yang juga akan ikut membatik bersama, mulai dari membuat design, menggambar di mori, nyanting, pewarnaan, sampai finishing. Selain ajang untuk mengasah kreatifitas kegiatan ini juga sebagai wadah silaturahmi antar  pegiat dan pecinta seni batik. Untuk kedepannya saya sangat berharap generasi milenial akan lebih mencintai dan mempromosikan batik sebagai local wisdom Indonesia, khususnya solo di mata internasional”

Rangkaian kegiatan budaya tersebut akan diakhiri dengan adanya Fashion show yang akan digelar di kampus UNIBA Surakarta.

Check Also

Edutainment Program UNIBA Surakarta-UteM Malaysia

UNIBA Surakarta mengadakan program edutaintment yang bertajuk “Advancement Collaboration Universitas Islam Batik Surakarta and University …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *