Home / Info Kampus / FTSP / TINGKATKAN KUALITAS MAHASISWA, FTSP MENGADAKAN KULIAH UMUM “APPLICATION OF DESIGN EXPERIMENTATION IN RESEARCH” OLEH : PROF NOORDIN BIN MOHD YUSOF

TINGKATKAN KUALITAS MAHASISWA, FTSP MENGADAKAN KULIAH UMUM “APPLICATION OF DESIGN EXPERIMENTATION IN RESEARCH” OLEH : PROF NOORDIN BIN MOHD YUSOF

Desain eksperimen menjadi dasar mahasiswa dalam melakukan sebuah penelitian untuk menyelesaikan tugas akhir, dimana tugas akhir merupakan salah satu prasyarat yang diwajibkan untuk memperoleh gelar sarjana. Maka dari itu, Fakultas Teknik, Sains dan Pertanian mengadakan kuliah umum dengan tema “Application of Design Experimentation in Research” yang dilaksanakan pada 29 Oktober 2019. Kuliah umum diadakan di ruang Sidoluhur, Universitas Islam Batik Surakarta dan dihadiri oleh semua mahasiswa Fakultas Teknik, Sains dan Pertanian.  Kuliah umum menghadirkan Prof Noordin Bin Mohd Yusuf sebagai narasumber, beliau merupakan dosen dari Fakultas Teknik Mesin dari University Teknologi Malaysia (UTM). Terdapat dua tema utama yang dibahas dalam kuliah umum yaitu “Role of Industrial Engineers, Current Manufacturing Issues and The Application of Design Experimentation in Research” dan “Application of Design Experimentation in Research”.

Tema pertama yang dipaparkan beliau merujuk pada peran seorang industrial engineer dalam menghadapi tantangan di dunia manufaktur. Hal yang melatarbelakangi munculnya tantangan di dunia manufaktur yaitu ketatnya kompetisi dalam dunia ekonomi yang berhubungan dengan perkembangan teknologi dan pemasaran. Selain itu, adanya peningkatan permintaan dari konsumen sehingga sebagai seorang industrial engineer perlu untuk memenuhi kehendak atau keinginan dari konsumen. Selain itu tantangan yang dihadapi saat ini adalah ‘how to manage waste?‘ Apabila limbah dapat dimanfaatkan dengan baik maka akan lebih efisien dan ekonomis suatu produk. Tantangan tidak hanya untuk seorang industrial engineer tetapi juga dialami oleh industri manufaktur itu sendiri. Saat ini industry manufaktur ditantang untuk bisa memproduksi barang jadi dalam kuantitas yang tepat, kualitas yang baik dan dalam waktu yang bersamaan diharuskan untuk memproduksi pada biaya yang minimal. Dari ketiga tantangan tersebut, seorang industrial engineer memainkan peran yang sangat penting dalam menghadapi tantangan ini. 

Tema kedua yang dipaparkan beliau erat kaitannya dengan desain eksperimen yang wajib dilakukan oleh seorang peneliti termasuk mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan umumnya dan khususnya yang sedang menempuh tugas akhir. Dalam melakukan desain eksperimen hal yang pertama diperhatikan bahwa desain eksperimen merupakan aktivitas penelitian yang melibatkan kinerja percobaan (research). Tetapi sebelum melakukan percobaan, perlu merancang desain eksperimen terlebih dahulu termasuk didalamnya penentuan objek penelitian, variabel penelitian, dan faktor yang mempengaruhi penelitian. Salah satu desain eksperimen yang dipaparkan yaitu faktorial desain (factorial design), prinsip dari faktorial desain yaitu mengkombinasikan semua kemungkinan factor yang perlu dipertimbangkan dan diuji setelah itu bisa dilakukan analisis tentang efek yang terjadi. Perlakuan yang bisa dilakukan ketika menggunakan analisis faktorial dapat berupa pengacakan, perulangan dan pembatasan faktor. Setelah itu bisa membuat guidelines for designing an experiment. Langkah terakhir dalam desain eksperimen yaitu mengambil kesimpulan tentang penelitian yang dilakukan. Dari pemaparan Prof Noordin Bin Mohd Yusof, dapat ditarik kesimpulan bahwa desain eskperimen merupakan dasar optimasi dari proses analisis eksperimen. 

Dengan kuliah umum ini, mahasiswa diharapkan mampu mengahdapi tantangan dalam dunia industri dan mengetahui prinsip dara sebelum melakukan penelitian. (DDN/FTSP)

Check Also

LEJITKAN POTENSI BAHASA INGGRIS LEWAT FOCUS GROUP DISCUSSION

Selasa, 19 November 2019, Prodi Manajemen FE UNIBA Surakarta kedatangan tamu dari Sierra Leone – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *