Home / Info Kampus / TIGA PROGRAM STUDI DI UNIBA SURAKARTA RAIH HIBAH PROGRAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA DARI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN-DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

TIGA PROGRAM STUDI DI UNIBA SURAKARTA RAIH HIBAH PROGRAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA DARI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN-DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menciptakan program “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Adanya program tersebut dilandasi alasan untuk memitigasi gap antara kompetensi lulusan dan kebutuhan dunia kerja, dunia industry, dan kebutuhan di masa mendatang. Terciptanya lulusan yang tangguh dalam perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat di era revolusi industri 4.0 menjadi dasar kebutuhan peningkatan kompetensi mahasiswa yang kuat dan mempu beradaptasi dengan perkembangan yang ada.

Adanya kebijakan MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dimaksudkan di antaranya adalah pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, riset, proyek independen, kegiatan wirausaha, proyek kemanusiaan, asistensi mengajar di satuan pendidikan, dan proyek di desa/kuliah kerja nyata tematik. Mahasiswa juga diberikan keleluasaan untuk mengikuti mengikuti kegiatan belajar di luar program studinya di dalam perguruan tinggi yang sama dengan bobot sks tertentu. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa tersebut dapat dilaksanakan dengan adanya pembimbingan dari dosen dan adanya perjanjian kerja sama jika dilakukan bersama pihak di luar program studi.

Kunci keberhasilan implementasi kebijakan MBKM pada perguruan tinggi ini adalah adanya kemampuan dan keberanian dalam mengubah pola pikir dari pendekatan kurikulum berbasis konten yang kaku menjadi kurikulum berbasis capaian pembelajaran yang adaptif dan fleksibel untuk menyiapkan mahasiswa menjadi insan dewasa yang mampu berdikari. Hal ini menjadi tantantan tersendiri bagi program studi untuk  mengembangkan kurikulum yang adaptif dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Kolaborasi dan kerja sama dengan mitra ataupun pihak lain yang berkaitan dengan bidang keilmuannya dan turut serta dalam mendukung capaian pembelajaran yang diinginkan.

Mengingat urgensi tersebut Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyelenggarakan program bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Program ini diperuntukkan bagi program studi yang terdaftar di Dirjen Dikti.  Penerimaan proposal dimulai tanggal 29 Juli 2020, dan pengumuman program bantuan ini diumumkan pada tanggal 31 Agustus 2020.

UNIBA Surakarta terpilih menjadi penerima bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Tiga program studi di UNIBA Surakarta yang berhasil memenangkan program bantuan nasional dari Kementerian adalah Prodi Ilmu Hukum, Akuntansi, dan Agroteknologi. Hal ini menjadi langkah awal yang bagus dari adanya manajemen baru di UNIBA Surakarta. Pasalnya UNIBA Surakarta menjadi universitas swasta di Surakarta yang menerima hibah dengan prodi terbanyak.

Hal tersebut menjadi tantangan bagi UNIBA Surakarta dalam mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program studi terpilih tersebut akan menggandeng beberapa mitra untuk pelaksanaan program tersebut. Mitra-mitra yang dipilih berasal dari institusi pendidikan, mitra dari dunia usaha dan dunia industri. Semoga adanya prestasi nasional ini dapat dikembangkan oleh UNIBA Surakarta untuk dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing global.

Check Also

PELATIHAN BUDIDAYA AYAM SEHAT BEROMEGA UNTUK MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA

Pada hari Minggu 30 Agustus 2020 UNIBA Surakarta, Asosiasi Pertanian Organik Sehati Indonesia (ATOS), Mekar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *