Home / Info Kampus / FTSP / “THE 4TH INDUSTRIAL REVOLUTION:  ISSUES, TRENDS AND CHALLENGES”  A GENERAL STADIUM

“THE 4TH INDUSTRIAL REVOLUTION:  ISSUES, TRENDS AND CHALLENGES”  A GENERAL STADIUM

Revolusi industri 4.0 menjadi isu yang sedang hangat diperbincangkan di sepanjang tahun ini. Pembahasan tentang revolusi industri dilakukan oleh banyak pihak, tidak terkecuali akademisi. 

Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Batik Surakarta mengadakan Kuliah dosen tamu bertajuk “FACILITIES PLANNING AND DESIGN IN THE 4TH INDUSTRIAL REVOLUTION: ISSUES, TRENDS AND CHALLENGES” pada hari Rabu, 9 Oktober 2019. Kuliah dosen tamu diadakan di ruang multimedia gedung A Universitas Islam Batik Surakarta. Kegiatan  tersebut dihadiri oleh semua mahasiswa Teknik Industri FTSP, UNIBA Surakarta. Tidak hanya itu, mahasiswa dari Universitas Duta Bangsa juga turut serta menghadiri kuliah dosen tamu tersebut. 

Kuliah dosen tamu tersebut menghadirkan Dr. Syed Ahmad Helmi sebagai narasumber. Beliau merupakan dosen senior Fakultas Teknik Mesin dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dan berafiliasi dengan UTM Centre Engineering Education (Pusat Teknik Pendidikan UTM). Dalam pemaparannya, beliau memberikan gambaran mengenai isu, tren dan tantangan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dilihat dari sisi desain dan perencanaan fasilitas di berbagai bidang. Beliau menyampaikan “Almost 85% our job taken by machine so what is the real function of industrial engineering?”. Revolusi industri 4.0 mengikis hampir 85% pekerjaan manusia karena digantikan dengan mesin, yang menjadi tantangan yaitu apa yang bisa dilakukan oleh seorang industrial engineer dalam menghadapi hal tersebut. Di akhir pemaparannya, beliau berpesan kepada mahasiswa agar bersedia menjadi agen perubahan yang dapat menjawab tantangan revolusi industri 4.0 dengan meningkatkan kemampuan yang dimiliki serta berani memulai sebuah perubahan. 

Dengan kuliah dosen tamu ini, mahasiswa diharapkan mampu menghadapi revolusi industri 4.0. Jadikan revolusi industri 4.0 sebagai peluang untuk berpartisipasi sebagai agen perubahan dalam meningkatkan kemampuan di berbagai bidang, bukan menjadikannya sebagai sebuah peristiwa yang ditakutkan. (DDN/FTSP)

 

Check Also

LEJITKAN POTENSI BAHASA INGGRIS LEWAT FOCUS GROUP DISCUSSION

Selasa, 19 November 2019, Prodi Manajemen FE UNIBA Surakarta kedatangan tamu dari Sierra Leone – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *