Home / Info Akademik / Fakultas Hukum / TAX CENTER UNIBA GANDENG DJP JATENG II DALAM WORKSHOP PERPAJAKAN PASCA AMNESTI PAJAK

TAX CENTER UNIBA GANDENG DJP JATENG II DALAM WORKSHOP PERPAJAKAN PASCA AMNESTI PAJAK

UNIBA Surakarta sebagai perguruan tinggi swasta berkewajiban mensosialisasikan kebijakan dan  program pemerintah, termasuk mengenai tax amnesti. Oleh karena itu pada hari Selasa, 18 April 2017, Tax CenterUNIBA Surakarta bekerjasama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II menyelenggarakan workshop Kewajiban Perpajakan Pasca Amnesti Pajak. Kegiatan ini digelar di Hotel Dana Surakarta dan diikuti oleh puluhan peserta. Adapun peserta workshop ini berasal dari berbagai kalangan, seperti UMKM, HIPMI, Akademisi dan masih banyak lagi.

Hadir sebagai pembicara adalah bapak Noor Handoyo selaku Kabid P2 Humas (Penyuluhan dan Pelayanan), dan bapak Espana Ramadona selaku tim penyuluh dari DJP Jateng II. Workshop kali ini dibagi menjadi dua sesi, dimana sesi pertama adalah pemaparan dari nara sumber dan sesi kedua adalah talkshow antara peserta dan nara sumber. Sedangkan moderator dalam workshop ini adalah Kartika Hendra Titisari, SE, Msi, Ak yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi UNIBA Surakarta.

Dalam pemaparannya, bapak Noor Handoyo mengungkapkan bahwa bagi para wajib pajak yang telah mengikuti tax amnesti, ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi. Diantaranya yang pertama adalah bagi wajib pajak yang mempunyai harta di luar negeri, maka harus melaporkan hartanya di gateway yang sudah ditunjuk. Kedua adalah bagi wajib pajak yang melaporkan harta yang dideklarasikan dalam tax amnesti maka harus tertulis dalam SPT tahunan. Ketiga adalah mengungkapkan penghasilannya secara keseluruhan. Keempat adalah bagi wajib pajak yang melakukan pembukuan dan mencatat harta hotforex indonesia yang diungkapkan dalam SPH (Surat Pernyataan Harta)  maka akan dimunculkan di neraca perusahaan sebagai laba ditahan. Kelima adalah para wajib pajak harus melaporkan penempatan dan pengalihan harta tiap tahun, dimana untuk tahun I harus melapor pada akhir tahun 2017, tahun II pada akhir tahun 2018, dan tahun III pada akhir tahun 2019.

Kegiatan workshop ini diikuti dengan sangat antusias oleh peserta. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan pada saat talkshow dengan nara sumber.

Check Also

[Fakultas Hukum] Syarat Ujian Pendadaran & Pengajuan Judul Skripsi 2017

Download File di bawah ini. Syarat Ujian Pendadaran Syarat Pengajuan Judul Skripsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *