Home / Info Akademik / SOSIALISASI DISTANCE LEARNING

SOSIALISASI DISTANCE LEARNING

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin cepat saat ini mendukung pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Interaksi pembelajaran berbasis teknologi dan informasi akan berdampak pada keluwesan belajar bagi peserta didik lintas ruang dan waktu. Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh belum begitu familier di masyarakat. Padahal, sistem belajar yang menawarkan metodologi pembelajaran berbeda dari pendidikan pada umumnya ini memiliki sejumlah keunggulan.

distance-education

Mengenai PJJ, hal ini yang akan dilaksanakan pada Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta. Pada dewasa ini, Pendidikan Jarak jauh bagi Universitas bisa dilaksanakan. Rektor UNIBA Surakarta dalam sambutan sosialisai distance learning mengatakan “Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Perguruan Tinggi”. Sosialisasi mengenai PJJ dilaksanakan selasa 16 Februari 2016. Dengan dihadiri oleh para dekan dan dosen serta menghadirkan pakar informatika Dr. Pris Priyanto S.kom M.Kom. Bertempat di ruang rapat UNIBA sosialisai mengenai PJJ juga dihadiri oleh Ketua Yapertib. Dalam sambutannya, ketua Yapertib Ir. Solichul HA. Bakri menjelaskan mengenai skema perkembangan YPB, dan PJJ merupakan salah satu program yang akan dikembangkan di UNIBA. “Pembelajaran jarak Jauh atau distante Learning bisa untuk diproduksi saat karena kita sudah memiliki personal, perlatan dan teknologi “. Gagasan UNIBA untuk mengadakan PJJ ini terbentuk atas usulan wakil rektor IV, dalam melihat perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Wakil Rektor IV Supawi pawenang mengatakan, “Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) terbukti efektif meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi seluruh warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah terpencil sekalipun”. Dengan adanya Pendidikan jarak Jauh ini diharapkan lebih banyak lagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah dikampus UNIBA, dan jangkauan wilayah mahsiswanya pun bisa sampai ke luar daerah, tambah Warek IV.

Check Also

KELAS UNGGULAN UPAYA UNIBA JAWAB TANTANGAN GLOBAL

Menghadapi tantangan global membutuhkan persiapan yang matang dan sumberdaya yang mumpuni. Pergerakan dunia yang semakin …