Home / Info Kampus / Solichul Hadi Ahmad Bakri Prakarsai Praktek Seduh Kopi dalam Mata Kuliah Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan

Solichul Hadi Ahmad Bakri Prakarsai Praktek Seduh Kopi dalam Mata Kuliah Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan

Peran kewirausahaan dalam pembangunan perekonomian di Indonesia sudah tak terelakkan lagi. Kewirausahaan memiliki porsi yang besar dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara, tak terkecuali Indonesia. Bahkan kewirausahaan digadang-gadang sebagai pilar ekonomi suatu bangsa. Mengingat hal tersebut maka peran kewirausahaan perlu didengungkan lebih luas di negara ini, termasuk implementasi nilai-nilai kewirausahaan dalam jiwa generasi penerus bangsa.

Solichul Hadi Ahmad Bakri, Dosen Fakultas Ekonomi Manajemen yang juga pengampu mata kuliah Ekonomi Koperasi dan UMKM, melakukan satu terobosan unik dalam metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang 

digunakan Solichul Hadi A.B., merupakan kombinasi antara pemaparan teori dan praktek langsung di lapangan. Rabu, 27 Maret 2019 di Aula Sidoluhur Solichul Hadi menyampaikan kuliah dengan memaparkan materi terkait kewirausahaan dan praktik di dunia bisnis kopi.

Solichul Hadi dalam perkuliahannya menyampaikan bahwa peran kewirausahaan memiliki implikasi yang cukup besar terhadap perekonomian. Solichul menambahkan bahwa untuk menjadi pelaku wirausaha seharusnya mampu mencari ide-ide yang belum tereksplorasi oleh pihak lain. Solichul mengungkapkan bahwa seoarang pelaku usaha harus dapat menciptakan pasar serta mewujudkan peluang menjadi kenyataan.

Selain menyampaikan materi terkait kewirausahaan dan langkah-langkah untuk menjadi pengusaha, Solichul Hadi juga memberikan contoh konkret berwirausaha. Sesi perkuliahan selanjutnya, dilanjutkan dengan memperkenalkan produk kopi mahasiswa. Dalam perkuliahan tersebut produk-produk kopi dikenalkan serta cara pengolahannya.  Cara penyeduhan kopi yang unik dan membutuhkan detail yang tepat juga diperagakan dalam kegiatan tersebut. Diantaranya cara penyeduhan dengan menggunakan metode V60, Manual Brew, dan Expresso. Berbagai cara roasting juga diperkenalkan diantaranya, light, medium, dan dark.

Melalui kegiatan perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk dapat bertahan di dunia bisnis. Kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi mahasiswa, sehingga mereka memiliki soft skill dalam kewirausahaan. Hal ini tentunya sejalan dengan misi UNIBA Surakarta sebagai Entrepreneurial University. Langkah ini menjadi salah satu bukti bahwa UNIBA Surakarta berkomitmen penuh untuk mewujudkan nilai-nilai entrepreneurship dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Check Also

KELAS UNGGULAN UPAYA UNIBA JAWAB TANTANGAN GLOBAL

Menghadapi tantangan global membutuhkan persiapan yang matang dan sumberdaya yang mumpuni. Pergerakan dunia yang semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *