Home / Info Kampus / Fakultas Ekonomi / SAMBUT MAHASISWA BARU, UNIBA SURAKARTA ADAKAN PPA 2019

SAMBUT MAHASISWA BARU, UNIBA SURAKARTA ADAKAN PPA 2019

Senin, 2 September 2019, nampak ratusan mahasiswa memenuhi halaman utama UNIBA Surakarta. Mahasiswa-mahasiswa baru tersebut berdiri tegap mengikuti upacara penyambutan mahasiswa baru dengan khidmat. Pada kesempatan tersebut, UNIBA Surakarta menggelar upacara dalam rangka menyambut mahasiswa baru yang sekaligus acara tersebut menjadi pembuka acara Pengenalan Program Akademik (PPA) bagi mahasiswa baru. 

“Adanya PPA bagi mahasiswa baru sebagai agenda untuk mengenalkan program-program akademik. Adapun program akademik tersebut meliputi sisem akademik, tentang kurikulum dan dosen, serta unsur-unsur penunjang yang ada di lingkungan kampus”, ujar Sari Kurniati, Direktur PPA 2019. Sari menambahkan adanya kegiatan PPA ini juga bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa baru terkait dunia kemahasiswaan di perguruan tinggi.

Ragkaian acara Pengenalan Program Akademik dimulai dengan upacara penyambutan mahasiswa baru. Setelah mengikuti upacara mahasiswa diarahkan untuk mengikuti test bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Laboratorium Bahasa. Berakhirnya test bahasa Inggris, para mahasiswa baru  diarahkan untuk mengikuti Pengenalan Program Akademik di tingkat Universitas yang dilanjutkan dengan Pengenalan Program Akademik di tingkat Fakultas. 

Ada yang berbeda dengan PPA pada tahun 2019 ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pembeda tersebut adalah dengan mengundang orang tua atau wali mahasiswa. Para orang tua atau wali mahasiswa ini diundang dalam rangka menjalin kedekatan silaturahmi secara kekeluargaan antara UNIBA Surakarta dengan orang tua mahasiswa. Sari Kurniati, menambahkan, “Kegiatan tersebut juga memberikan informasi kepada orang tua/wali mahasiswa terkait gambaran perkuliahan di UNIBA Surkarta, sehingga baik oran tua/wali dan pihak universitas dapat bersama-sama memantau perkembangan mahasiswa.” Sari Kurniati, menambahkan bahwa apabila sinergi tersebut dapat terjalin makan akan lebih mudah untuk memantau kegiatan perkuliahan, ketepatan waktu kelulusan, serta ketertiban administrasi.”

Tidak hanya acara-acara yang memaparkan tentang proses akademik di UNIBA Surakarta, pada acara PPA tersebut mahasiswa juga diberi materi tambahan. Adapun materi-materi tambahan tersebut berupa materi anti korupsi, manteri anti narkoba dan materi anti radikalisme. Materi bela negara juga diberikan kepada para mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman dan membekali mereka dalam menjalani proses perkuliahan di pendidikan tinggi.

 

Rangaian acara terakhir adalah sesi kemahasiswaan. Pada sesi tersebut mahasiswa diarahkan untuk menuju halaman utama UNIBA Surakarta untuk menyaksikan pertunjukan organisasi-organisasi kemahasiswaan yang ada di UNIBA Surakarta. Pertunjukan tersebut dimulai dengan pertunjukan dari Badan Eksektutif Mahasiswa, UKM Musik, UKMI, Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen, dan Mapala KOMBAT. Adanya acara tersebut diharapkan mahasiswa mampu menjalani kehidupan perkuliahan di perguruan tinggi dengan seimbang. Mahasiwa UNIBA Surkarta harus terus mengasah kemampuan akademik dan non akademik agar menjadi lulusan yang berkualitas, yang nantinya dapat berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan, membawa manfaat bagi masyarakat, serta dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan bangsa.

Check Also

KELAS UNGGULAN UPAYA UNIBA JAWAB TANTANGAN GLOBAL

Menghadapi tantangan global membutuhkan persiapan yang matang dan sumberdaya yang mumpuni. Pergerakan dunia yang semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *