Home / Info Kampus / RUMAH KREATIF BUMN (RKB) GOES TO KAMPUS UNIBA

RUMAH KREATIF BUMN (RKB) GOES TO KAMPUS UNIBA

Pertumbuhan pasar global telah menggeser paradigma bisnis nasional, dimana Usaha Kecil Menengah (UKM) memegang peranan penting dalam memakmurkan ekonomi negara, baik melalui penciptaan lapangan kerja, mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan inovasi baru.Pelaku UKM saat ini bukan hanya dari kalangan wiraswasta saja, melainkan generasi muda seperti mahasiswa.  Berbagai Pola pemasaran UKM saat ini sedang berkembang. Namun sayangnya, sejauh ini masih ada beberapa tantangan yang masih menjadi kendala. Terutama berkaitan dengan modal usaha dan pola jaringan dan pemasarannya.Hal tersebut menjadi tujuan dari Rumah Keratif BUMN (RKB ) melakukan soialisasi ke UNIVERSITAS ISLAM BATIK (UNIBA),  pada hari Kamis, 21 Desember 2017. Bertempat di ruang sidoluhur, mahasiswa UNIBA menerima sosialisasi dari rumah kreatif BUMN.

Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik (YAPERTIB) Surakarta, Ir. H. Solichul Hadi AB, M. Beliau menghimbau kepada mahasiswa bahwa perkembangan media online saat ini sangat cepat. Banyak manfaat yang kita dapat dari media online. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan bisa memilah dan memilih manfaat yang baik atau tidak dari media online.

Dari pihak RKB sendiri diwakili oleh Astu Danardana,Ryo Nur Cahyo,dan Joko Purwono memberikan sosialisasi dan tips marketing online. “Pada dasarnya Wirausaha / Entrepreur itu harus diawali dari kemauan kita sendiri, setelah itu fokus pada kemampuan yang kita miliki, dari situ fokus bisnis yang dijalani, berikan kepercayaan pada senior, dan membangun jaringan yang luas”, penjelasan dari Ryo. “Sebagai mahasiswa yang lebih banyak memiliki waktu luang, setelah perkuliahan mengisi waktu luang bisa saja melakukan kerja sampingan dengan media online, seperti onlineshop. Pemanfaatan media online jika digunakan dengan baik, bisa menghasilkan pundi-pundi uang”, tambah Ryo. Marketing online sangant mudah dikerjakan karena murah dan efisien, meningkatkan image produk dan mengurangi daya pemasaran, jelas Joko Purwono. Setelah memberikan sosialisai kepada mahasiswa, pihak RKB mebuka sesi tanya jawab, dan diakhiri dengan memberikan beberapa doorprice.

 

Check Also

Kunjungan Lapangan Mahasiswa Agroteknologi UNIBA Surakarta di Integrated Farming Yogyakarta

Mahasiswa semester V Prodi Agroteknologi UNIBA Surakarta yang berjumlah 25 orang melakukan kunjungan ke CV …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *