Home / Info Kampus / Fakultas Ekonomi / RRI GOES TO UNIBA SURAKARTA

RRI GOES TO UNIBA SURAKARTA

Pesta demokrasi akan digelar tidak lama lagi. Gaung pesta demokrasi 2019 ini sudah lama terdengar dan ramai dibicarakan. Pesta demokrasi 2019 dalam balutan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ini diprediksi akan berlangsung meriah. Pasalnya, Pemillihan umum ini merupakan ajang pemilu legislatif, DPD, dan pemilu presiden. Pemilu menjadi isu yang menarik, mengingat hasil dari pemilihan umum ini akan mempengaruhi kehidupan negara selama lima tahun ke depan dan masa yang akan datang.

 

Pentingnya pemilihan umum yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019 nanti, maka perlu dipersiapkan para pemilih cerdas. Fenomena golput merupakan fenomena yang lazim terdengar menjelang penyelenggaraan pemilu, tak terkecuali pemilu 2019 ini. Golongan putih atau yang biasa disingkat dengan golput biasanya merupakan akibat dari rasa ketidakpercayaan masyarakat terhadap para kandidat ataupun partai politik yang mengusungnya. Abstainnya para pemilih yang memilih untuk golput dalam pemilu sesungguhnya merugikan pemilih itu sendiri. Hal tersebut disebabkan, meski para pemilih memilih untuk golput akan tetap ada kandidat yang memenangkan pemilu tersebut. Fenomena lain yang menjangkiti para pemilih pemula adalah adanya pemilih yang apatis atau pemilih yang asal dalam menggunakan hak pilihnya. Oleh sebab itu perlu langkah jitu untuk mengajak para pemilih menggunakan hak suaranya dengan baik dan benar.

Radio Republik Indonesia (RRI) bekerja sama dengan UNIBA Surakarta menggelar acara talkshow. Acara talkshow yang digelar di Aula Sidoluhur UNIBA Surakarta tersebut mengangkat tema “Gerakan Pemilih Cerdas”. Acara talkshow tersebut menarik animo mahasiswa. Antusiasme mahasiswa begitu tinggi terhadap acara tersebut. Terbukti dengan jumlah mahasiswa yang hadir melebihi target yang telah ditetapkan.

Acara RRI Goes To Campus dilaksanakan pada hari kamis tanggal 14 Maret 2019. Acara yang disiarkan langsung di RRI surakarta tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut pesta demokrasi tahun 2019. Acara talkshow tersebut dihadiri oleh narasumber-narasumber yang ahli di bidanganya. Narasumber dalam talkshow tersebut berasal dari KPU Surakarta, Bawaslu Surakarta, dan Dosen Fakultas Hukum UNIBA Surakarta.

Terselenggaranya acara tersebut diharapkan mampu mengedukasi mahasiswa untuk bijak dalam menggunakan hak pilih mereka. Selain itu pesan tersirat yang didapat dari acara talkshow tersebut adalah masing-masing pribadi memiliki pilihan namun harus tetap menjaga keukunan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemilihan umum seharusnya menjadi sarana untuk membawa negara Indonesia menjadi lebih baik, bukan sebagai alat atau momen untuk memecah belah persatuan bangsa Indonesia.

Check Also

OPTIMALISASI PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI: UNIBA SURAKARTA JALIN KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS TERBUKA (UT) SURAKARTA

Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi harus ditingkatkan kualitasnya dari waktu ke waktu. Hal tersebut menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *