Home / Info Kampus / PUSTAKAWAN UNIBA RAIH PRESTASI DALAM BIMTEK AKREDITASI PERPUSTAKAAN

PUSTAKAWAN UNIBA RAIH PRESTASI DALAM BIMTEK AKREDITASI PERPUSTAKAAN

Perpustakaan dalam perguruan tinggi memiliki peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan civitas akademika. Akreditasi perpustakaan merupakan alat ukur apakah perpustakaan tersebut sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan atau belum. Untuk dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam mengelola unit perpustakaan, dibutuhkan tenaga yang memiliki kemampuan dalam bidang tersebut.

Guna meningkatkan kemampuan tenaga mengelola unit perpustakaan di PTS, dalam rangka meraih maupun mempertahankan akreditasi perpustakaan, maka perlu dipersiapkan melalui “Bimbingan Teknis Akreditasi Perpustakaan PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah VI Angkatan II Tahun 2017” yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah VI Semarang.

Universitas Islam Batik Surakarta merupakan salah satu PTS di lingkungan Kopertis VI, mengirimkan wakil yakni Athyah Dinanti S. Sos, M. Si selaku Kepala Perpustakaan dalam Bimbingan Teknis Akreditasi Perpustakaan (BIMTEK). Acara yang berlangsung selama 3 hari terhitung mulai tanggal 5 sampai 7 April ini diselenggarakan di Hotel Le Beringin Salatiga.

Narasumber Bimbingan Teknis Akreditasi Perpustakaan PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah VI Angkatan II Tahun 2017 yang hadir yakni, Dra. Yuniwati BYPMYRR, S.Sos., M.Si. dari Universitas Diponegoro Semarang, Zulfikar Husain S.S dari Universitas PGRI Semarang dan Tintien Koerniawati S.Sos., M.I.Kom dari UKSW Salatiga.

Sebanyak 50 peserta yang mewakili PTS dari seluruh wilayah Kopertis VI Jawa Tengah, terpilih 5 peserta terbaik setelah mengikuti pretes, posttest dan tugas yang diberikan oleh pemateri saat  BIMTEK, termasuk perwakilan Pustakawan dari UPT Perpustakaan UNIBA yang mendapat peringkat ke-2. Pada sesi materi, salah satu pemateri memberikan arahan untuk pengisian borang akreditasi perpustakaan. UNIBA diharapkan pada tahun 2018 dapat mengirimkan borang klub forex indonesia perpustakaan untuk dapat di akreditasi dengan segala keterbatasan. Keberhasilan dari suatu unit akan dapat diraih karena adanya kerjasama tim.

Harapan kepala UPT Perpustakaan ini, UNIBA untuk kedepannya UPT Perpustakaan dapat mengikuti akreditasi perpustakaan, sebagai evaluasi diri untuk kemajuan perpustakaan dan universitas pada umumnya. Kedepannya perpustakaan dapat bersinergi dengan seluruh unit yang ada di UNIBA untuk kemajuan bersama, imbuhnya.

Check Also

Kajian Bersama awali pembukaan Masjid UNIBA Surakarta

Jum’at 08 Desember 2017 bertempat di Masjid baru Universitas Islam Batik Surakarta digelar kajian bersama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *