Home / Info Kampus / Fakultas Pertanian / PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI DAN AGRIBISNIS DATANGKAN DOSEN TAMU DI BIDANG HORTIKULTURA

PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI DAN AGRIBISNIS DATANGKAN DOSEN TAMU DI BIDANG HORTIKULTURA

Proses pembelajaran tidak hanya terjadi di ruang kelas semata. Proses pembelajaran sejatinya adalah proses yang seharusnya tidak terbatas oleh waktu dan tempat. Begitupula sumber pembelajaran. Sumber pembelajaran tidak hanya terbatas pada buku teks, proses perkuliahan di ruang kelas, namun juga meliputi proses pembalajaran langsung dari praktisi.

 

Fakultas Teknologi, Sains, dan Pertanian UNIBA Surakarta Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis pada hari Rabu, tanggal 22 Mei 2019 mengadakan pembelajaran langsung kepada praktisi. Pembelajaran langsung kepada praktisi tersebut dikemas dalam bingkai acara Kuliah Dosen Tamu dengan Materi Hortikultura.  Kegiatan tersebut bertempat di Ruang Multi Media Lantai 3 Gedung A Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta.

Acara Kuliah Dosen Tamu dengan Materi Hortikultura tersebut mendatangkan narasumber yang merupakan praktisi yang ahli di bidangnya. Narasumber yang dimaksud adalah  Bapak Mulyono Herlambang, S.P, MM. Beliau adalah Direktur Organization for Industrial, Spiritual, and Cultural Advancement (OISCA) Training Center. OISCA Training Center merupakan suatu lembaga yang berkedudukan di Matesih Karanganyar.

Acara yang diikuti sebanyak 40 mahasiswa dari program studi Agroteknologi dan Agribisnis Fakultas Teknologi, Sains, dan Pertanian UNIBA Surakarta tersebut mengulas materi terkait hortikultura secara mendalam. Narasumber awalnya menyampaikan sejarah berdirinya OISCA TC. Sesi selanjutnya, narasumber memaparkan materi terkait breeding atau perakitan varietas menuju swasembada benih tanaman hortikultura. Materi tersebut meliputi materi terkait proses perakitan varietas, prosedur breeding, seed bank plasma nutfah. Materi terakhir yang dipaparkan adalah tahap pelaksanaan pesemaian untuk Reasearch and Development. Tahapan terakhir tersebut terdiri dari pengumpulan plasma nutfah, penggaluran, test cross, dan uji keunggulan varietas. Uji keunggulan varietas dilakukan pada tanaman Melon, Cabai, Pare, Tomat, Semangka, Wortel, Pokchoy, Bawang Merah, Bawang Daun, Jagung Manis, serta kemampuan melakukan produksi benih, kemampuan distribusi dan pemasaran.

Pelaksana kegiatan, Libria Widiastuti, M.P., mengungkapkan bahwa kegiatan Kuliah Dosen Tamu ini bertujuan untuk memberikan wawasan lebih dalam tentang mata kuliah Hortikultura. Didatangkannya langsung pemateri yang juga merupakan praktisi ini membawa harapan bahwa nantinya, mahasiswa memiliki gambaran praktik terkait Hortikultura. Harapan selanjutnya adalah mahasiswa tidak hanya mampu berteori, namun juga mampu mengimplementasikan ilmu-ilmu mereka dengan baik dan benar.

Check Also

DELEGASI UNIBA SURAKARTA SABET GELAR JUARA DI AJANG LOMBA CATUR POM RAYON II SURAKARTA

Pekan Olahraga Mahasiswa merupakan suatu ajang kompetisi cabang olahraga yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *