Home / Info Kampus / Fakultas Pertanian / Prodi Peternakan Universitas Islam Batik Surakarta Selenggarakan Halal Class

Prodi Peternakan Universitas Islam Batik Surakarta Selenggarakan Halal Class

Prodi Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Islam Batik Surakarta menyelenggarakan Halal Class, Selasa (20/3) di Ruang Sidoluhur, kampus UNIBA. Acara ini mendatangkan Nanung Danar Dono, pakar halal Fakultas Peternakan UGM sekaligus auditor sertifikasi halal LPPOM MUI-DIY, sebagai pembicara. Halal class ini diikuti oleh dosen-dosen di lingkungan Universitas Islam Batik Surakarta, tetapi tidak menutup kalangan umum untuk turut menjadi peserta.

Dalam acara ini dibahas mengenai akidah fiqih tentang halal-haram makanan, pencemaran produk turunan babi dan khamr, serta penggunaan alat canggih untuk mendeteksi kandungan babi. Menurut Nanung, tantangan menyampaikan materi halal cukup berat karena berisi larangan-larangan, sehingga perlu disampaikan dengan bahasa yang mudah diterima. “Intinya semua makanan itu halal, kecuali terdapat hadist yang mengharamkannya.” lanjut Nanung.

Rektor Universitas Islam Batik Surakarta, Pramono Hadi, berharap program ini terus berlanjut dan kedepannya Universitas Islam Batik dapat mendirikan lembaga sertifikasi halal khususnya di Kota Solo. Halal Class sendiri direncanakan diadakan 2 kali yaitu sesi pertama hari ini dan sesi kedua Selasa depan (27/3).

Check Also

Workshop of Scientific Journal Writing 2018

Publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi sudah menjadi kewajiban dan tuntuan dari pemerintah yang harus dipenuhi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *