Home / Info Kampus / Fakultas Ekonomi / Prodi Manajemen UNIBA adakan Lokakarya Kurikulum Penerapan dan Pengembangan KKNI

Prodi Manajemen UNIBA adakan Lokakarya Kurikulum Penerapan dan Pengembangan KKNI

Dalam upaya meningkatkan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. Terbitnya peraturan ini berdampak pada kurikulum dan pengelolaan disetiap program studi. Kurikulum yang semula mengacu pada pencapaian kompetensi berubah menjadi capaian pembelajaran (learning outcomes).

Secara ringkas, dengan adanya KKNI ini diharapkan akan mengubah cara melihat kompetensi seseorang, tidak lagi semaja ijazah tapi dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang secara luas (formal dan non formal).

Pelaksanaan KKNI melalui beberapa tahapan yaitu melalui Penetapan Profil Kelulusan; Merumuskan Learning Outcomes; Merumuskan Kompetensi Bahan Kajian; Pemetaan LO Bahan Kajian; Pengemasan Matakuliah; Penyusunan Kerangka Kurikulum; dan Penyusunan Rencana Perkuliahan.

Dalam rangka penyesuaian Kurikulum Prodi Manajemen UNIBA Surakarta menuju basis KKNI, maka hari Rabu tanggal 19 Juli 2017,  mengadakan Lokakarya Kurikulum dengan tema Penerapan dan Pengembangan KKNI. Acara ini dihadiri oleh civitas akademika Prodi Manajemen UNIBA Surakarta dan langsung dibuka oleh rektor UNIBA Surakarta, Prof. Dr. Ir. Hj Endang Siti Rahayu, MS..

Acara ini dimulai dengan pengarahan dari wakil rektor I terkait revisi kurikulum yang akan dilakukan oleh prodi Manajemen UNIBA Surakarta. Selanjutnya materi Lokakarya ini diberikan oleh narasumber Dr. Reza Rahardian, SE, Msi dari FEB UNS terkait dengan penerapan dan pengembangan kurikulum berbasis KKNI. Setelah pemberian materi oleh narasumber, dibuka forum diskusi dengan parapeserta. Dalam diskusi ini, Prodi Manajemen UNIBA Surakarta banyak mendapatkan masukan dari para peserta terkait dengan profil lulusan yangsesuai dengan dunia broker tickmill kerja.

Melalui Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI diharapkan bisa meningkatkan kualitas lulusan prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UNIBA Surakarta.

Check Also

DELEGASI UNIBA SURAKARTA SABET GELAR JUARA DI AJANG LOMBA CATUR POM RAYON II SURAKARTA

Pekan Olahraga Mahasiswa merupakan suatu ajang kompetisi cabang olahraga yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *