Home / Info Kampus / PELATIHAN BUDIDAYA AYAM SEHAT BEROMEGA UNTUK MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA

PELATIHAN BUDIDAYA AYAM SEHAT BEROMEGA UNTUK MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA

Pada hari Minggu 30 Agustus 2020 UNIBA Surakarta, Asosiasi Pertanian Organik Sehati Indonesia (ATOS), Mekar Tekno, dan PT Pithik Sumo Indonesia bertempat di Desa Bulu, Doyong Sragen mengadakan pelatihan budidaya ayam sehat ber-Omega. Ketua pelaksana Bapak Dedi Fachrudin selaku ketua Perkumpulan Tani Organik Sehati (ATOS) menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk membangkitkan ekonomi ditengah pandemik Covid-19, salah satunya dengan pelatihan budidaya Ayam Sehat ber-Omega.

Acara ini menghadirkan akademisi dari UNIBA Surakarta diantaranya Dr. Ariy Khaerudin SH.,MH., pakar bidang dibidang Kekayaan Intelektual, Andri Haryono Awalokta, SP.,M.Sc bidang peternakan Serta Suwardi, SP.,MP bidang Ekonomi Pertanian dan Ahmad Mulyono direktur PT. Pithik Sumo.

Pelaksanaan acara pelatihan ini dilaksanakan secara langsung melalui tanya jawab dengan peraga bahan dan alat, serta langsung melihat kondisi kandang. Dalam acara ini menghadirkan narasumber yaitu Pakar HKI Dr. Ariy Khaerudin, SH.,MH sebagai pemateri utama berkaitan kekayaan intelktual berkaitan dengan produk-produk. Andre Haryono Awalokta, S.Pt.,M.Sc. dengan menyampaikan materi manajemen pakan dan alternative, sementara  Dedy Fahrudin sekaligus ketua Asiosiasi Pertanian Organik Sehati Indonesia (ATOS) menyampaikan materi natural system dibidang peternakan ayam omega dan Suwardi, SP.,M.P memberikan materi korelasi dengan pertanian.

Menurut Dedi, Keunggulan ayam omega mudah diaplikasikan dilahan perumahan, tidak berbau sehingga tidak menimbulkan masalah di lingkungan masyarakat. Selain itu biaya budidaya ini tergolong hemat serta menghasilkan ayam sehat berkandungan omega. Melihat antusiasme warga yang banyak mau mengikuti acara tersebut, namun karena kondisi masih pandemik, panitia hanya membatasi peserta sebanyak 25 orang.

Menurut pelaksana acara, bahwa hasil dari kegiatan ini seluruh peserta dapat mengaplikasikan cara berternak ayam sehat ber-Omega dan bisa memberikan keuntungan baik secara ekonomis sehingga kedepannya secara masif dapat menjaga ketahanan pangan melalui budidaya ini. (WRD/LP3M)

Check Also

TIGA PROGRAM STUDI DI UNIBA SURAKARTA RAIH HIBAH PROGRAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA DARI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN-DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menciptakan program “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *