Home / Info Kampus / PELANTIKAN PEJABAT UNIBA SURAKARTA DALAM PERAYAAN PERINGATAN HARI BATIK NASIONAL

PELANTIKAN PEJABAT UNIBA SURAKARTA DALAM PERAYAAN PERINGATAN HARI BATIK NASIONAL

Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Penetapan hari batik nasional ini adalah salah satu bentuk perayaan Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan NonBendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009.

Batik, selain menjadi warisan budaya Indonesia juga merupakan identitas asli dari UNIBA Surakarta. Keberadaan UNIBA Surakarta sendiri tidak terlepas dari nilai-nilai perbatikan. New Management UNIBA Surakarta mengusung kegiatan baru untuk memperingati Hari Batik Nasional. 

Tahun 2020 ini adalah tahun yang sarat akan momentum bagi UNIBA Surakarta. Bergantinya kepemimpinan di UNIBA Surakarta menjadi tonggak perubahan pelayanan Pendidikan tinggi yang lebih berkualitas dan memiliki kredibilitas. Pada peringatan Hari Batik Nasional tahun 2020 ini akan diadakan perayaan sekaligus pelantikan pejabat baru di UNIBA Surakarta. Kegiatan kali ini mengusung Tema PERAN UNIBA SURAKARTA GAUNGKAN KIPRAH BATIK MELALUI PENDIDIKAN. Tema yang diangkat tersebut disimbolkan dengan aksi filosofis pembentangan kain batik yang dilanjutkan dengan pelantikan pejabat baru untuk Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, serta pejabat pada tingkat Fakultas, Program Studi, dan Lembaga.

Prosesi pembentangan kain batik dimulai dengan membentangkan kain batik dan mengitari kampus UNIBA Surakarta oleh civitas akademika UNIBA Surakarta. Makna filosofis dari kegiatan tersebut adalah UNIBA Surakarta siap untuk menumbuhkan nilai-nilai perbatikan melalui Pendidikan. Batik tidak lepas dari nilai-nilai luhur kepribadian bangsa Indonesia, oleh sebab itu keberadaannya harus selalu dijunjung tinggi, ditanamkan dan mengakar kuat, hingga digaungkan sampai ke pelosok negeri, menembus batas lintas negara. Kerjasama dan komitmen yang dipegang erat merupakan salah satu kunci utama untuk dapat mewujudkan tujuan utama tersebut.

Aksi selanjutnya adalah atraksi dari Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA KOMBAT). Aksi yang dilakukan adalah rapelling oleh anggota Mapala dengan membentangkan Batik dan Bendera UNIBA Surakarta. Aksi tersebut memiliki filosofi bahwa UNIBA Surakarta bersiap sedia membawa cita-cita luhur yang tertanam dalam nilai-nilai budaya batik ke dalam sanubari mahasiswa UNIBA Surakarta, sebagai anggota lapisan masyarakat.

Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan pelantikan Pejabat baru UNIBA Surakarta. Ada 25 pejabat yang akan dilantik. Pejabat pertama yang dilantik adalah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama dilantik langsung oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik UNIBA Surakarta. Pejabat yang dilantik di tingkat Fakultas adalah Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ekonomi; Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Hukum; serta Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Pertanian. Pejabat yang dilantik di tingkat Program studi adalah Kepala Program Studi dan Sekretaris Program Studi Akuntansi; Kepala Program Studi dan Sekretaris Program Studi Manajemen; Kepala Program Studi Hukum; Kepala Program Studi Agibisnis; Kepala Program Studi Agroteknologi; Kepala Program Studi Peternakan; Kepala Program Studi Peternakan; Kepala Program Studi Tek. Sipil.

Kepala Lembaga beserta jajarannya juga dilantik langsung oleh Rektor UNIBA Surakarta. Adapun pejabat-pejabat tersebut adalah Kepala dan Sekretaris LP3M; Kepala Humas dan Protokoler; Kepala LPM; Ketua dan Sekretaris LIPMB; Kepala Bidang Monev, Audit Internal LPM; Kepala Bidang Pengembangan Informasi LPM.

Check Also

Materi : Webinar Penguatan Bisnis UMKM

.:: DOWNLOAD MATERI ::.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *