Home / Info Kampus / ORASI ILMIAH DIES NATALIS KE-36, USUNG TEMA ENTREPRENEUR FOR HUMANITY

ORASI ILMIAH DIES NATALIS KE-36, USUNG TEMA ENTREPRENEUR FOR HUMANITY

Tahun ini UNIBA Surakarta memperingati Dies Natalis yang ke-36. Peringatan Dies Natalis yang ke-36 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, rangkaian agenda kegiatan dilaksanakan dalam waktu satu minggu. Setelah diawali dengan beberapa rangkaian kegiatan, kini pada hari Jum’at tanggal 26 Juli 2019 tibalah pada agenda puncak. Agenda puncak peringatan Dies Natalis ke-36 ini adalah Orasi Ilmiah.

Orasi Ilmiah pada kesempatan kali ini dibawakan oleh Prof. Dr. H. Musa Asy’arie.. Prof. Dr. H. Musa Asy’arie adalah seorang akademisi, guru besar dari UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Selain akademisi, beliau juga merupakan pengusaha yang sukses. Orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Musa Asy’arie mengangkat tema Entrepreneur for Humanity.

Acara Orasi Ilmiah yang diselenggarakan di Aula Sidoluhur UNIBA Surakarta tersebut memaparkan mengenai pelaku wirausaha dalam kontribusinya di bidang kemanusiaan. Adanya Orasi Ilmiah ini merupakan suatu bentuk komitmen UNIBA Surakarta dalam hal memaparkan materi-materi ilmiah. Sebelum pemaparan Orasi Ilmiah didahului dengan Pidato Dies Natalis XXXVI dan Laporan Tahunan Rektor Universitas Islam Batik Surakarta oleh Rektor UNIBA Surakarta. Pada laporan Rektor tersebut, Rektor mengungkapkan bahwa tantangan yang dihadapi saat ini cukup rumit dan menantang. Oleh sebab itu, institusi harus mempersiapkan dan menyediakan sumberdaya yang mumpuni untuk dapat menciptakan kurikulum dan teknologi yang mutakhir guna menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Rektor UNIBA Surakarta menambahkan, UNIBA Surakarta memiliki PR kedua, yaitu mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi entrepreneur yang cakap dalam menggunakan tekonologi. 

Agenda selanjutnya adalah pemaparan Orasi Ilmiah oleh Prof. Dr. H. Musa Asy’arie. Pada orasi ilmiah tersebut, Prof. Dr. H. Musa Asy’arie menyampaikan bahwa pilihan seseorang menjadi entrepreneur adalah pilihan untuk memberi makna pada kehidupannya sendiri. Motivasi menjadi seorang entrepreneur seharusnya bukan didorong oleh nilai-nilai materialisme. Prof. Dr. H. Musa Asy’arie berpesan agar UNIBA Surakarta sebagai Entrepreneur University harus bisa mendorong kemajuan dunia perbatikan di Indonesia, baik dari segi konsep kreativitas dan desain, memperbanyak sumberdaya manusia batik yang handal, kegiatan penelitian dan pengembangan serta membangun industri batik di dalamnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, UNIBA Surakarta adalah lembaga pendidikan yang sangat lekat dengan identitas batik. Selain itu misi khusus yang diemban oleh UNIBA Surakarta adalah menyampaikan misi-misi kewirausahaan yang dimanifestasikan dalam bentuk Entrepreneurial University. 

Setelah adanya orasi ilmiah oleh Prof. Musa, acara orasi ilmiah dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada doktor baru UNIBA Surakarta. Pemberian penghargaan kepada doktor baru tersebut diberikan kepada Ida Aryati Dyah Purnomo Wulan. Doktor baru tersebut merupakan doktor dari Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen.

Acara Orasi Ilmiah tersebut tidak hanya dihadiri oleh civitas akademika UNIBA Surakarta. Acara Orasi Ilmiah tersebut juga turut dihadiri oleh Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo. Selain itu tamu undangan dari perguruan tinggi lain dan rekan kerjasama UNIBA Surakarta juga turut hadir dalam Orasi Ilmiah tersebut.

Ada beberapa hal yang menjadi pembeda dalam Orasi Ilmiah kali ini. Pembeda tersebut yaitu adanya agenda penandatanganan MoU antara UNIBA Surakarta dan Badan Standardisasi Nasional Indonesia. Harapan adanya kesepakatan kerjasama tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Check Also

KELAS UNGGULAN UPAYA UNIBA JAWAB TANTANGAN GLOBAL

Menghadapi tantangan global membutuhkan persiapan yang matang dan sumberdaya yang mumpuni. Pergerakan dunia yang semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *