Home / Info Kampus / OPTIMALISASI PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI: UNIBA SURAKARTA JALIN KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS TERBUKA (UT) SURAKARTA

OPTIMALISASI PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI: UNIBA SURAKARTA JALIN KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS TERBUKA (UT) SURAKARTA

Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi harus ditingkatkan kualitasnya dari waktu ke waktu. Hal tersebut menjadi tugas tersendiri bagi Perguruan Tinggi. Inovasi-inovasi pada pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi juga harus selalu digalakkan. Demi optimalisasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, UNIBA Surakarta mulai menggandeng mitra untuk melaksanakan misi ini. 

Jum’at, 8 November 2019, Direktur Universitas Terbuka Surakarta, Yulia Budiwati mengunjungi UNIBA Surakarta. Kedatangan Direktur Universitas Terbuka Surakarta didampingi oleh Andreas Sang Aji Purbokusumo, Kepala bagian Tata Usaha Universitas Terbuka (UT) Surakarta. Perwakilan dari Universitas Terbuka Surakarta tersebut bertujuan untuk menjalin kerjasama dengan UNIBA Surakarta.

Pada pembahasan kerjasama tersebut dibahas topik-topik kerjasama yang mungkin dilaksanakan oleh kedua perguruan tinggi tersebut. Agenda utama adalah pelaksanaan pembelajaran Blended Learning. Pembelajaran Blended Learning merupakan metode pembelajaran yang formal memungkinkan mahasiswa belajar melalui media daring dengan kendali mandiri atas waktu, tempat, urutan maupun tempo pembelajaran. Pembelajaran Blended Learning merupakan kombinasi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran melalui media daring. 

Pada semester genap tahun ajaran 2019-2020, pembelajaran Blended Learning akan mulai dilaksanakan di UNIBA Surakarta. Mata kuliah yang akan diterapkan dengan metode Blended Learning adalah Mata Kuliah Dasar Umum seperti yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk kesempatan mata kuliah lain menggunakan Blended Learning.

Agenda kerjasama yang dibahas selanjutnya adalah Joint Visiting Professor. Adanya kerjasama ini akan memungkinan kedua belah pihak untuk saling bertukar profesor untuk melakukan knowledge sharing. Selain itu, program Joint Research dan Joint Publication juga akan dilaksanakan oleh kedua perguruan tinggi ini.

Kerjasama dalam pemerolehan sertifikasi untuk akuntan publik juga akan dilaksanakan. Sertifikasi CPA ini akan sangat berguna bagi perkembangan karir di dunia kerja akuntansi. Karena tanpa adanya sertifikat ini, akuntan publik tidak dapat melakukan praktik di dunia kerja. Harapan dari adanya kerjasama-kerjasama ini adalah adanya sinergitas untuk kepentingan bersama, khusunya untuk kemajuan bangsa.

Check Also

LEJITKAN POTENSI BAHASA INGGRIS LEWAT FOCUS GROUP DISCUSSION

Selasa, 19 November 2019, Prodi Manajemen FE UNIBA Surakarta kedatangan tamu dari Sierra Leone – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *