Home / Info Kampus / Fakultas Pertanian / Mengenal Lebih Jauh Tentang Singkong: Program Studi Agribisnis Gelar Kuliah Dosen Tamu

Mengenal Lebih Jauh Tentang Singkong: Program Studi Agribisnis Gelar Kuliah Dosen Tamu

Program studi Agribisnis Fakultas Teknologi Sains dan Pertanian, merupakan salah satu program studi di UNIBA Surakarta. Program studi Agribisnis selalu berbenah dan berkembang agar dapat memberikan layanan Pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut selalu diupayakan oleh program studi Agribisnis dengan tujuan agar dapat menciptakan lulusan siap kerja.

Program studi Agribisnis memberikan materi-materi perkuliahan yang relevan dengan perkembangan zaman. Salah satu upaya tersebut dimanefestasikan dalam mata kuliah Manajemen Strategi Agribisnis. Dalam upaya untuk memperdalam materi perkuliahan manajemen strategi agribisnis, program studi Agribisnis mengundang praktisi dari PT. Negeri Singkong Indonesia. Praktisi dari  PT. Negeri Singkong Indonesia, Teguh Heri Purwanto, S.T diundang oleh program studi Agribisnis sebagai dosen tamu. 

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Multimedia Lt.3 Gedung A, Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta. Kuliah Dosen Tamu yang diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 19 Juni 2019 tersebut dihadiri oleh Rektor UNIBA Surakarta, Dekan Fakultas Sains Teknologi dan Pertanian, Ketua Program Studi Agribisnis dan dosen Fakultas Sains Teknologi dan Pertanian. Tema yang diusung dalam kuliah umum tersebut adalah Eksplorasi dan Pengembangan pangan Fungsional Berbasis Pangan Lokal.

Kuliah dosen tamu tersebut pada mulanya membahas mengenai sejarah singkong di Indonesia. Sejarah singkong pertama kali diperkenalkan dari Brasil oleh orang Portugis sekitar abad ke-16. Produk-produk olahan singkong pun juga beragam juga dibahas dalam acara tersebut. Produk-produk olahan singkong diantaranya, tepung tapioka, tepung mocaf, dan chip gaplek.  Siklus pembuatan produk olahan singkong pun juga dijabarkan dalam acara tersebut. Pada sesi terakhir, teknik pemasaran pun dikupas tuntas dalam acara tersebut.

Adanya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan wawasan baru bagi mahasiswa program studi agribisnis. Acara tersebut diharapkan mampu membuka cakrawala pengetahuan mahasiswa terkait keanekaragaman hayati di Indonesia hingga wawasan mengenai pengelolaan kenagekaragaman hayati tersebut hingga dapat menjadi  sumber pendapatan.

Check Also

HIMAGROTEK UNIBA SURAKARTA ADAKAN SEMINAR DENGAN TEMA: PERAN GENERASI MILENIAL DALAM MENJAGA KEDAULATAN PANGAN UNTUK MENCAPAI SDG’S

Tanggal 16 Oktober di Indonesia diperingati sebagai hari pangan nasional. Pada peringatan hari pangan nasional …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *