Home / Info Kampus / Mengenal Budaya Literasi Tonggak Peradaban Manusia

Mengenal Budaya Literasi Tonggak Peradaban Manusia

Perguruan tinggi mempunyai peran yang sangat penting bagi perkembangan dunia literasi terlebih saat ini dunia masuk dalam era revolusi industri 4.0 yang tidak hanya menuntut untuk mengikuti perkembangan teknologi, namun juga terhadap perkembangan  informasi. Bagi kalangan civitas akademika, khususnya mahasiswa, kegiatan literasi merupakan sarana dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di Perguruan Tinggi. Sehingga dari kampus inilah harapannya akan lahir para mahasiswa yang mempunyai kemampuan dan kepedulian pada dunia literasi.

Atas kondisi tersebut Himpas Vignecvara-STIE Malangkucecwara Malang bekerja sama dengan Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta menyelenggarakan Webinar dengan tema : “MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI DUNIA KAMPUS” dimana tampil sebagai narasumber dari kalangan penggiat literasi nasional yaitu Lenang Manggala dan Triana Rahmawati serta yang bertugas sebagai moderator adalah Arifin Nurdin.

Dalam paparannya Lenang Manggala selaku pendiri dari Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMB-Indonesia) mengungkapkan bahwa upaya dalam meningkatkan budaya literasi dan kualitas pendidikan, menjadi kunci bagi kemajuan setiap insan, bangsa dan peradaban. GMB-Indonesia hadir untuk menempatkan diri sebagai inisiator sekaligus fasilitator bagi seluruh Akademisi Indonesia untuk berkarya dan berkontribusi pada dunia. Mulai dari siswa, mahasiswa, guru & dosen, organisasi, peneliti serta para profesional dengan berbagai bidang yang ditekuninya. Lenang Manggala lebih lanjut menjelaskan bahwa GMB-Indonesia adalah sebuah platform yang menyajikan berbagai program literasi terintegrasi yang memfasilitasi Akademisi Indonesia untuk menerbitkan karya, belajar dan mengasah kompetensinya, serta meningkatkan karir, prestasi, dan kebermaknaan hidupnya.

Sesi selanjutnya Triana Rahmawati menjelaskan peran sentral mahasiswa dalam mengembangkan literasi kampus. Dimana banyak hal yang dapat dilakukan mahasiswa yang tidak hanya berkisar dalam bidang literasi dan keilmuan juga dalam kepedulian pada alam dan lingkungan. Pada prinsipnya dari Tri Dharma perguruan tinggi merupakan  pilar dasar pola pikir bagi civitas akademika, dimana terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat sehingga diharapkan Perguruan Tinggi senantiasa mendorong untuk melahirkan mahasiswa memiliki semangat tinggi, kreatif, mandiri, serta inovatif dalam bidang literasi.

Pada kesempatan lain, Bp. Dr. H Amir Junaidi, SH, MH selaku Rektor UNIBA Surakarta mengapresiasi acara yang diinisiasi oleh Himpas Vignecvara ini dan diharapkan kegiatan literasi kampus dapat berkembang dan selalu melakukan inovasi. Kedepan diharapkan banyak karya yang akan lahir dari para dosen, mahasiswa, maupun kalangan praktisi yang ikut memperkaya khazanah literasi.

Sebagai langkah awal untuk pengembangan adalah dengan mengadakan acara webinar, dan dalam waktu bersamaan sudah dimulai project konversi disertasi menjadi buku yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dengan bahasa yang mudah dicerna,

Hadir dalam acara webinar kali ini dari berbagai mahasiswa dan dosen dari perguruan tinggi negeri maupun swasta sebanyak 170 peserta. Nampak peserta cukup antusias dengan penyelenggaraan webinar ini dan berharap kegiatan tsb dapat berjalan secara kontinyu dan periodik.

Check Also

Pengajian Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Kyai Mojo bersama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *