Home / Info Kampus / MAHASISWA UNIBA IKUTI PEKSIMIDA

MAHASISWA UNIBA IKUTI PEKSIMIDA

peksimida tari

Universitas Islam Batik (UNIBA) mengikuti seleksi Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Tingkat Jawa Tengah. Peksimida ini diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Riset, teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) setiap 2 (dua) tahun sekali. Tujuan dari PEKSIMIDA yaitu untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni prtunjukan, penulisan sastra dan seni rupa.

Pembukaan Peksimida Jawa Tengah 2016 dibuka di pendapa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, pada Senin 25 Juli 2016 malam. Pada kesempatan tersebut, UNIBA menunjuk perwakilan mahasiswa untuk mengikuti perlombaan. Perlombaan yang diikuti yaitu perlombaan tari dan perlombaan nyanyi tunggal. Pada lomba nyanyi tunggal UNIBA menunjuk Arsi Prihastika menyanyi lagu keroncong, intan Suci Prahasti nyanyi pop hiburan, Dityo Adi Nugroho nyanyi dangdut. Sedangkan pada lomba tari yang bertempat di ISI Surakarta, perwakilan mahasiswa UNIBA yang terdiri dari Harsiantika, Lindiana nova, Asenda Dwi, Sri Santini dan Bernalita Devi menampilkan tarian Puspa Jepara. Mengisahkan tentang kehidupan Ra. Kartini dari masa anak-anak sampai menikah dengan bupati Rembang. Masa anak-anak dengan bermain dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Masa remaja sudah mulai bersolek, masa dewasa bertemu dengan abendanon sahabat dari belanda yang membantu Ra. Kartini untuk memperjuangkan emansipasi wanita sampai akhirnya menikah dengan Bupati Rembang yang sudah memilki tiga istri. Perlombaan diikuti peserta sejumlah 23 kelompok yang berasal dari 23 perguruan tinggi. Masing-masing kelompok membawakan karya dengan durasi maksimal 15 menit.

Sebagai tempat penyelenggaraan lomba untuk tangkai lomba lainnya bakal diselenggarakan di UKSW Salatiga untuk lomba vocal grup, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk lomba monolog, Universitas Muria Kudus (UMK) untuk lomba baca puisi, Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk lomba Luki, poster, photografi. Sedangkan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) untuk lomba nyanyi tunggal dan penutupan pada 31 Juli kemarin.

Kepala Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia Jawa Tengah, Prof Darsono MSi, dalam sambutannya mengatakan  terjadi peningkatan jumlah peserta untuk tahun ini. Pada tangkai tari, misalnya, dua tahun lalu peserta hanya berjumlah sembilan kelompok. “Peningkatan jumlah ini sangat menggembirakan dan mendukung seni budaya kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri,”

Check Also

KELAS UNGGULAN UPAYA UNIBA JAWAB TANTANGAN GLOBAL

Menghadapi tantangan global membutuhkan persiapan yang matang dan sumberdaya yang mumpuni. Pergerakan dunia yang semakin …