Home / Info Kampus / Fakultas Pertanian / Mahasiswa Peternakan UNIBA Surakarta Laksanakan Praktikum Teknologi Budidaya Tanaman Pakan

Mahasiswa Peternakan UNIBA Surakarta Laksanakan Praktikum Teknologi Budidaya Tanaman Pakan

Selasa tanggal 27 November 2018, mahasiswa peternakan UNIBA Surakarta melaksanakan praktikum teknologi budidaya tanaman pakan di Lahan Hijauan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada dan Laboratorium Kultur Jaringan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Tujuan dari praktikum adalah  untuk menambah pengetahuan mahasiswa terhadap mata kuliah teknologi budidaya tanaman pakan, mengetahui berbagai macam tanaman pakan berkualitas, dan memahami tentang metode kultur jaringan tanaman pakan untuk meningkatkan produktivitas tanaman pakan.

Diharapkan mahasiswa peternakan menjadi ahli dibidang peternakan harus mengetahui tanaman pakan yang berkualitas baik dan mengerti metode atau teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan produksi serta produktivitas tanaman pakan.

Dalam praktikum ini, secara garis besar mahasiswa belajar teknik kultur jaringan melalui beberapa tahapan yaitu: persiapan alat dan bahan, sterilisasi alat dan bahan, pembuatan media, penanaman, serta aklimatisasi. Persiapan alat dan bahan yang digunakan dalam teknik kultur jaringan dilakukan di dalam laboratorium. Semua alat dan bahan yang akan digunakan selanjutnya disterilisasi dengan oven (metodekering) dan autoclave (metodebasah). Media yang digunakan berupa media MS yang selanjutnya ditanami bahan tanaman untuk dikultur. Hasil tanaman disimpan dalam lingkungan yang sesuai dan dilakukan sub kultur hingga menjadi tanaman lengkap. Mahasiswa melihat berbagai macam tahapan di ruang penyimpanan hasil kultur jaringan yang ada di dalam laboratorium. Diakhir acara, dilakukan diskusi dengan mahasiswa dan dosen.

Check Also

FAKULTAS TEKNIK, SAINS, DAN PERTANIAN UNIBA SURAKARTA JALIN KERJASAMA DENGAN AGROWISATA JAWA UNIK

Jum’at, 12 Juli 2019 perwakilan Fakultas Teknik, Sains, dan Pertanian Uniba Surakarta mengunjungi Agrowisata Jawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *