Home / Info Kampus / Fakultas Ekonomi / MAHASISWA AKUNTANSI UNIBA SURAKARTA  KULIAH PAJAK DI KPP SURAKARTA

MAHASISWA AKUNTANSI UNIBA SURAKARTA  KULIAH PAJAK DI KPP SURAKARTA

Selasa, 27 Juni yang lalu mahasiswa UNIBA Surakarta mengalami sensasi pembelajaran pajak yang berbeda. Mereka adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi yang saat ini berada di semester 6. Biasanya para mahasiswa tersebut belajar mengenai materi perpajakan di dalam kelas dan dipandu oleh Dosen Pajak Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi. Kali ini para mahasiswa tersebut belajar langsung kepada konsultan pajak dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Surakarta.

Pemateri dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta adalah Bapak Didi Raafi. Bapak Didi Raafi merupakan Kepala Seksi Pengawas dan Konsultasi 2 Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta. Pada kesempatan tersebut mahasiswa diberikan materi terkait rekonsiliasi fiskal. Materi rekonsiliasi fiskal merupakan salah satu materi yang cukup rumit. Setiap perusahaan dapat dipastikan akan melakukan rekonsiliasi fiskal.  Rekosiliasi fiskal dilakukan karena adanya perbedaan teknik-teknik penyusunan laporan keuangan menurut standar akuntansi dan menurut undang-undang perpajakan. 

Para mahasiswa akuntansi tersebut mengikuti kuliah lapangan perpajakan di Ruang Aula Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta. Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih sebanyak 160 peserta. Antusiasme yang cukup besar tersebut diberikan solusi dengan membagi kelas menjadi dua sesi. Sesi perkuliahan pagi dan sesi perkuliahan siang. Hal tersebut ditujukan agar para mahasiswa tetap fokus dalam mengikuti materi.

Salah satu tujuan utama dalam agenda ini adalah melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat belajar langsung dari praktisi dan melihat kondisi riil di lapangan. Sehingga mahasiswa memiliki cakupan wawasan perpajakan yang lebih luas.

Check Also

KELAS UNGGULAN UPAYA UNIBA JAWAB TANTANGAN GLOBAL

Menghadapi tantangan global membutuhkan persiapan yang matang dan sumberdaya yang mumpuni. Pergerakan dunia yang semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *