Home / Info Akademik / Fakultas Pertanian / LOKAKARYA PENGEMBANGAN KURIKULUM FAKULTAS PERTANIAN TAHUN 2015

LOKAKARYA PENGEMBANGAN KURIKULUM FAKULTAS PERTANIAN TAHUN 2015

Dampak globalisasi bersifat multidimensional, secara spesifik, globalisasi mendorong terjadinya perubahan peran institusi pendidikan tinggi. Peran sebagai institusi pembelajaran tradisional tidak dapat dipertahankan lagi dan perlu diubah menjadi institusi pencipta pengetahuan. Sementara itu, perencanaan yang dibuat secara acak (by accident ) harus diubah menjadi perencanaan strategis (by design). Ditinjau dari sudut tantangan maka pendekatan komparatif harus diubah menjadi pendekatan kompetitif.
Maka pada hari Sabtu, 29 Agustus 2015, bertempat di Solo Bistro (Batari Surakarta) Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi, melaksanakan kegiatan Lokakarya Pengembangan Kurikulum yang di pimpin langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Ir. Mohamad Ihsan, MP. dan dihadiri semua Dosen Fakultas Pertanian terdiri dari Dosen Tetap Yayasan, Dosen Tetap DPK Kopertis Wilayah VI dan Dosen Tidak Tetap, maksud dilaksanakan Pengembangan kurikulum karena pada hakekatnya Pengembangan kurikulim dapat terjadi sepanjang masa, dan Institusi pendidikan tinggi ditantang untuk mengubah kurikulum, dan penekanan pengembangan kurikulum tidak lagi terbatas pada content atau pengetahuan melainkan juga meliputi pengembangan pembelajaran, kemampuan kreatif, serta penggunaan informasi baru dan teknologi komunikasi. Dengan demikian setiap institusi pendidikan tinggi yang akan mengembangkan kurikulum harus memperhatikan azas kompetensi, manfaat, kelenturan (fleksibilitas), dan continuous improvement.
Pada hakikatnya pengembangan kurikulum di Fakultas Pertanian Progdi Agroteknologi merupakan usaha untuk mencari bagaimana rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu lembaga. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum di Fakultas Pertanian Progdi Agroteknologi adalah Prinsip relevansi berkenaan dengan kesesuaian antara komponen tujuan, isi, strategi, dan evaluasi. Prinsip Fleksibilitas berkenaan dengan kebebasan/keluwesan yang dimiliki pendidik / dosen dalam mengimplementasikan kurikulum dan adanya alternatif pilihan program sesuai dengan minat dan bakatnya. Prinsip kontinuitas berkenaan dengan adanya kesinambungan materi pembelajaran dan proses belajar berlangsung secara berkesinambungan, tidak terputus-putus Prinsip Praktis dan Efisiensi Kurikulum harus mudah dilaksanakan, menggunakan alat-alat sederhana, tenaga dan biayanya
juga murah tetapi menghasilkan sesuatu yang besar. Prinsip Efektifitas menuju keberhasilan pelaksanaan kurikulum, baik kuantitas maupun kualitas, keberhasilan kuntitas ditinjau dari komponen-komponen kurikulum, seperti tujuan, isi, proses belajar, dan evaluasi, sedangkan keberhasilan kualitasnya dilihat dari hasil pelaksanaan kurikulum yang ada.
Dalam kegiatan Lokakarya Pengembangan Kurikulum juga disampaikan pemaparan / penyajian Silabus Mata Kuliah dan Silabus Praktikum, untuk Pemaparan Silabus Mata Kuliah
Umi Nur Solikah, SP, M.Si, Mata kuliah : Kewirausahaan
Fajar Shodiq, S.Ag. M.Ap. Mata Kuliah : Tanaman Obat dalam Islam
Dedy Rustiono, Ir, M.Si. Mata Kuliah : Studi Kelayakan Agribisnis
Ariviani Dewi S.Pd. M.Si Mata Kuliah : Bahasa Inggris Pertanian
Irma Wardani, STP, M.Si. Mata Kuliah : Tanaman Pewarna Alami

Untuk Pemaparan Silabus Praktikum antara lain :
Dr. Pramono Hadi, SP. M.Si. Mata Kuliah : Agroekosistem
Ir. Tri Pamujiasih, MP. Mata Kuliah : Teknologi Hidroponik dan Aeroponik
Ir. Tri Rashayu, MS. Mata Kuliah : Budidaya Tanaman Pangan
Libria Widiastuti, SP. MP. Mata Kuliah : Teknologi Benih
Srie Julie Rahmawatie, SP, M.Si. Mata Kuliah : Fisiologi Tanaman
Demikian informasi Fakultas Pertanian tentang kegiatan lokakarya pengembangan kurikulum yang dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2015.

Check Also

Sasaran Mutu Akademik

Sasaran Mutu Akademik Universitas Islam Batik Surakarta 2018-2021   Masa tunggu lulusan bekerja dalam 6 …