Home / Info Kampus / Lestarikan Budaya Batik, UNIBA adakan Design Batik Competition 2019

Lestarikan Budaya Batik, UNIBA adakan Design Batik Competition 2019

Menjaga tradisi dengan inovasi adalah tema yang diangkat pada Design Batik Competition 2019. Design Batik Competition 2019 kali ini akan digelar pada hari Rabu tanggal 24 Juli 2019. Perlombaan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke -36 UNIBA Surakarta. Design Batik Competition 2019 merupakan agenda ketiga dalam rangkaian acara Dies Natalis UNIBA Surakarta ke-36.

Tema yang diangkat pada perlombaan kali ini bukanlah tanpa alasan. Perkembangan teknologi bergulir semakin cepat, dan kini manusia moderat dari hari ke hari terlihat seperti sangat tergantung pada teknologi. Hal tersebut juga merambah hingga generasi muda. Salah satu kekhawatiran besar adalah generasi muda yang mulai sibuk dengan teknologi dan perlahan tapi pasti meninggalkan tradisi. Jika ditilik lebih lanjut, menjaga tradisi bisa dilakukan dengan mengkolaborasikannya dengan teknologi.

Batik sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia adalah salah satu tradisi yang dapat dikolaborasikan dengan inovasi. Inovasi tersebut salah satunya dapat diaplikasikan pada motif-motif batik. Hal tersebutlah yang menjadi dasar diadakannya Design Batik Competition 2019. Ibnu Suryo, selaku Ketua Panitia Design Batik Competition 2019 mengungkapnkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk “menjaga” budaya batik sebagai warisan asli bangsa Indonesia dan menumbuhkan rasa cinta akan batik pada diri anak bangsa. 

Segmentasi peserta lomba ini adalah siswa SMA dan sederajat. Hal tersebut diselaraskan dengan tujuan adanya lomba ini. Selain itu pemilihan siswa SMA dan sederajat adalah mereke para generasi muda merupakan generasi yang menjadi penerua bangsa ini, sehingga harus tetap menjaga tradisi agar tradisi tidak punah. Pada lomba kali ini akan diikuti sebanyak 18 tim yang berasal dari Sekolah Menengah Atas atau sederajat se-solo raya.

Acara ini diselenggarakan di Kampus UNIBA Surakarta. Kompetisi ini akan memperebutkan Juara 1, 2, 3 dan Harapan 1 dan Harapan 2. Para pemenang akan mendapatkan trofi dan uang pembinaan, serta sertifikat. Untuk Juri, panitia telah menunjuk juri-juri yang ahli di bidang perbatikan. Juri yang pertama adalah Solichul Hadi A.B. Beliau adalah pengusaha sukses di bidang perbatikan, selain itu beliau juga dosen di UNIBA Surakarta. Juri yang kedua adalah Sarah Rum Handayani Pinta. Beliau adalah Dosen di prodi Kriya Tekstil Seni Rupa dan Desain UNS. “Harapan saya, rasa cinta dan kebanggaan akan terus tumbuh pasca kompetisi, dan ada rasa untuk menjaga dan mengajarkan batik ke generasi-generasi setelahnya” harap Ibnu Suryo.

Para juara pada Design Batik Competition 2019 adalah sebagai berikut. Juara pertama diraih oleh Bayu Aji Saputra dan Raihan Akbar R dari SMA MTA Surakarta. Juara kedua diraih Novia Rizki Fajar Romadhai dan Maura Saniscara dari SMK Batik 2 Surakarta. Juara ketiga diraih oleh Feri Saputro Setiawan dan Yusuf Zain Fauzan dari SMK Batik 1 Surakarta. Juara harapan 1 diraih oleh Youra Putri A dan Ahmad Fachriza dari SMA Batik 2 Surakarta, untuk juara harapan dua diraih oleh Mufida Salma dan Yumna  Syarifah dari SMA MTA Surakarta, sedangkan juara harapan tiga diraih oleh Aisyah Salma Agustina dan Devina Dwi F dari SMK Batik 1 Surakarta.

Check Also

AGENDA INTERNASIONALISASI UNIBA SURAKARTA: MOBILITY STUDENT-CULTURAL EXCHANGE PROGRAM 2019

       Berlaga di liga internasional sudah menjadi suatu kewajiban bagi perguruan tinggi untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *