Home / Info Kampus / Fakultas Pertanian / Kuliah Dosen Tamu Oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Fx. Wagiman, SU pada Fakultas Pertanian UNIBA Surakarta

Kuliah Dosen Tamu Oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Fx. Wagiman, SU pada Fakultas Pertanian UNIBA Surakarta

Rabu 24 Mei 2017, Untuk meningkatkan kualitas lulusan, Fakultas Pertanian UNIBA menghadirkan 2 orang pakar setiap semesternya (baik dari ilmuwan ataupun praktisi). Sesuai dengan mata kuliah yang sedang berlangsung pada semester ini “Pengelolaan Hama Terpadu”, maka Fakultas Pertanian mengundang Bapak Prof. Dr. Ir. Fx. Wagiman, SU , Guru Besar Hama Tanaman dari Fakultas Pertanian UNIVERSITAS GADJAH MADA Yogyakarta sebagai Nara sumber. Tema yang diangkat adalah “Pengelolaan dan pengendalian Eksplosi Hama” .

Alasan mengapa tema ini diangkat karena Pertanian di Indonesia sering mengalami gagal panen karena hama. Hama adalah binatang perusak tanaman dan hasil panen serta olahannya yang menyebabkan kerugian finansial. Hama sering merupakan penyebab kerugian sebagian petani. Hama-hama yang ada dapat menyerang mulai dari pembibitan (padi misalnya), pertanaman (batang ,daun, akarnya), hasil (buah, biji-bijian, sayuran dan bagian –bagian lain) serta hama lepas panen , akan menurunkan kuantitas dan kualitas hasil.

Faktor penyebabnya adalah :

  1. hama mempunyai potensi biotic (survival dan berkembang biak), perilaku (makan, kawin, migrasi),potensi Fisiologi (Pencernaan, pernafasan, syaraf, endokrin dan reproduksi).
  2. Hama mempunyai Ekologi (lingkungan fisik, musuh alami, kisaran inang dan dinamika populasi).
  3. Populasi Hama yang dinamis.

Masalah hama sebenarnya terletak pada populasi nya. Dimana populasi harus dikendalikan di bawah ambang batas populasi yang membahayakan, atau secara ekonominya dapat dikatakan di bawah ambang batas ekonomi.

Dinamika populasi hama ditentukan oleh Natalitas, Mortalitas, Imigrasi dan Emigrasi hama tersebut. Eksplosi Hama adalah  Peningkatan populasi hama secara tiba-tiba dan menyebabkan kerugian ekomoni pada suatu komoditas (tanaman) .  Faktor penyebab eksplosi hama adalah:    Kondisi cuaca ideal bagi hama;   Budidaya tanaman intensif dan monokultur; . Destruksi musuh alami  (dapat disebabkan oleh penggunaan pestisida yg berlebihan),  Kerusakan habitat,  Introduksi jenis tanaman baru ,  Introduksi jenis hewan baru,  Keanekaragaman genetik rendah – hasil pemuliaan ,  Jarak tanam yang rapat (menyebabkan kondisi yang ideal untuk hama),  Penanaman terus menerus tanpa rotasi tanaman, Unsur hara tanah yang banyak menyebabkan tanaman subur (mengundang hama),  Perubahan toleransi manusia  (konsumen kepinginnya hasil tanaman yang mulus) , dan    Penggunaan pestisida kimia yang tidak bijaksana.

Paradigma pengendalian hama  meliputi Pemberantasan (aplikasi pestisida terjadwal), IPC (Integrated Pest Control); gabungan pengendalian kimiawi & hayati

IPM (Integrated Pest Management) Teknologi; perpaduan semua teknologi yang kompatibel, pestisida kimia pilihan terakhir, aplikasi berdasarkan pestisida kimia ambang ekonomi hama

IPM Ekologi; mengandalkan kekuatan peran musuh alami dan pengendalian alami

Check Also

Kajian Bersama awali pembukaan Masjid UNIBA Surakarta

Jum’at 08 Desember 2017 bertempat di Masjid baru Universitas Islam Batik Surakarta digelar kajian bersama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *