Home / Info Kampus / Kreatifitas Mahasiswa UNIBA Surakarta dalam Batik Art Festival’18

Kreatifitas Mahasiswa UNIBA Surakarta dalam Batik Art Festival’18

Sejak ditetapkan sebagai warisan budaya bangsa asal Indonesia oleh UNESCO pada tahun 2010, batik kini kian dikenal oleh masyarakat luas. Ragam pertunjukan yang mengandung nilai batik semakin banyak dinimakti orang / lembaga.

Bertepatan pada tanggal 5-6 Oktober 2018 Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta mengikuti Batik Art Festival yang dilaksanakan di Kampus II ISI (Institut Seni Indonesia) Surakarta. Acara tersebut dimeriahkan oleh kurang lebih 40 peserta, yang terdiri dari UNS, ISI JOGJA, ISI Surakarta, IAIN Surakarta, selain dari kalangan Universitas, sekolah-sekolah menengah atas juga ikut serta memeriahkan acara tersebut dua diantaranya SMA Batik dan SMK N 4 Surakarta dan masih banyak lagi.

Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta meraih juara harapan dua yang ditampilkan oleh Esha Maulani Waluyo (mahasiswi fakultas hukum semester 7) dan dibuat oleh Ilham Probo Putra (mahasiswa fakultas hukum semester 5) dan dibantu oleh beberapa mahasiswa lainnya dengan mempersembahkan kostum “Batik Gunungan”.

Kostum dari UNIBA ini dapat kategori unik, karena pada kesempatan kali ini perlombaan bertemakan “Recycle” yang mengharuskan peserta berfikir kreatif dalam pembuatan kostum tersebut. Oleh karena itu bahan yang digunakan terbuat dari matras dengan pemilihan  warna Gold (yang menandakan kejayaan ,melambangkan sebuah pencapaian besar, dan kemewahan) ditambah hiasan pernak pernik untuk menambah daya tarik dari kostum, sehingga membuat kostum telihat anggun dan bernilai tinggi.

“Acara kali ini sangat meriah, kita sebagai peserta jadi lebih tau tentang macam-macam batik, harapan saya kampus bisa terus mengikuti acara-acara tersebut agar dapat meningkatkan eksistensi kampus dan biar bisa membuktikan kalau UNIBA itu juga punya kualitas yang baik.” Ujar Esha Maulani Waluyo saat ditemui di Loby Uniba Surakarta.

Check Also

Edutainment Program UNIBA Surakarta-UteM Malaysia

UNIBA Surakarta mengadakan program edutaintment yang bertajuk “Advancement Collaboration Universitas Islam Batik Surakarta and University …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *