Home / Info Kampus / Kreaba BEM UNIBA Surakarta Berhasil Cetak 3 Pemenang Tari Kreasi Daerah

Kreaba BEM UNIBA Surakarta Berhasil Cetak 3 Pemenang Tari Kreasi Daerah

Kreaba “Kreasi Anak Bangsa” yang digelar oleh BEM UNIBA Surakarta pada tanggal 11 Desember 2018 di Taman Balekambang Solo berjalan dengan lancar. Total ada 8 tim yang mengikuti lomba tari kreasi ini. Mereka adalah Sanggar Tari Izakud Bekai Izakud Kai yang membawakan tari kreasi papua, Akademik Komunitas Industri Tekstil & Produk Tekstil menampilkan tari kreasi tradisional ronggeng nyentrik, Sanggar Tari Izakod Bekai Izakad Kai menampilkan tari kreasi papua tari Kolosa, Sanggar Tari Orek menampilkan tari Mojang Priyangan, Universitas Duta Bangsa Surakarta menampilkan Tari tradisional dan campuran, SMP Negeri 1 Surakarta menampilkan tari kreasi tradisional Merajut Asa, Habaring Hurung Borneo dan Gratia Giga Lintang dengan tarian Jaipong Gembira.

Masing-masing tim menari diatas panggung selama 15-20 menit, dan dikomentari oleh dewan juri. Dewan juri tersebut adalah para praktisi dan akademisi tari dari ISI Surakarta. Adapun aspek penilaian adalah gerak tari, penghayatan ekspresi dan karakter, ketepatan gerak tari dengan music dan iringan, keserasian kostum, tat arias dengan tari yang dibawakan serta pola lantai dalam tarian.

Ajang Kreaba “Kreasi Anak Bangsa” ini akhirnya menghasilkan 3 pemenang. Juara 1 adalah SMP Negeri 1 Surakarta dengan tari tradisional Merajut Asa. Juara 2 yaitu Gratia Giga Lintang dengan tarian Jaipong Gembira. Dan juara 3 yaitu Sanggar Tari Orek dengan tari Mojang Priyangan.

Para pemenang mendapat sertifikat dan piala yang diserahkan langsung oleh presiden BEM UNIBA Surakarta, M. A. Oksya. Salah satu tim yang berhasil meraih juara ke-3, Sanggar Tari Orek, mengaku sangat senang dan mendapat pengalaman yang luar biasa dari lomba ini.

“Kami sangat senang dan memiliki pengalaman baru dalam berkompetisi yang dikomentari 3 juri seperti ini. Rasanya deg-degan tapi asyik. Tarian yang kami bawakan ini bercerita tentang remaja yang pandai bersolek dan bergaul,” ujar Yudha Rena Mahanani yang merupakan anggota tim sanggar tari orek.

 

Kreaba “Kreasi Anak Bangsa” tidak hanya menampilkan ajang tari kreasi. Tetapi disela-sela acara, di luar panggung tari, panitia Kreaba juga menggelar ajang lukisan mural. Peserta lukisan mural ini bersifat bebas dan tidak dikompetisikan. Mereka bebas melukis apa saja diatas kanvas yang sudah disediakan panitia.

“Mural merupakan bentuk dari kreatifitas seseorang yang disalurkan lewat imajinasi seseorang dengan bentuk lukisan atau gambar,” jelas Sindi Tissa Safira selaku ketua panitia Kreaba. Selanjutnya hasil  lukisan mural ini akan dipasang di secretariat BEM UNIBA Surakarta.

Check Also

Field Trip Mahasiswa FTSP UNIBA Surakarta: Belajar Manfaat Daun Kelor

Mahasiswa dan Dosen Fakultas Teknik Sains dan Pertanian UNIBA Surakarta melaksanakan field trip pada tanggal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *