Home / Info Kampus / Fakultas Ekonomi / KOLABORASI BI SURAKARTA-UNIBA SURAKARTA: KULIAH UMUM REVOLUSI SISTEM PEMBAYARAN DI ERA EKONOMI DIGITAL

KOLABORASI BI SURAKARTA-UNIBA SURAKARTA: KULIAH UMUM REVOLUSI SISTEM PEMBAYARAN DI ERA EKONOMI DIGITAL

Senin, 14 Oktober 2019, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UNIBA Surakarta mengadakan kuliah umum bertemakan Revolusi Pembayaran di Era Ekonomi Digital. Kuliah umum ini mendatangkan narasumber sekaligus kepala Bank Indonesia Perwakilan Surakarta, Bambang Pramono, Ph.D. Kuliah umum ini diadakan di aula Sidoluhur kampus UNIBA Surakara, dengan ratusan peserta mahasiswa prodi Manajemen.

Bambang Pramono menjelaskan bahwa perkembangan digital telah merambah ke sektor keuangan di Indonesia dan telah merevolusi sistem pembayaraan saat ini. Saat ini, sebanyak 80% masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan pembayaran elektronik untuk transaksi. Ini berarti semakin sedikit masyarakat yang membawa uang tunai. Perkembangan ini juga telah menciptakan komunitas yang disebut Less Cash Society untuk orang-orang yang lebih sering menggunakan pembayaran elektronik sebagai instrumen kegiatan ekonominya.

Di Indonesia sendiri, pembayaran elektronik yang masih mendominasi adalah penggunaan kartu baik debit, kredit atau electronic money. Yang terbaru dan semakin berkembang pesat adalah penggunakan e-wallet atau dompet elektronik. Beberapa dompet elektronik yang merajai revolusi finansial di Indonesia adalah OVO milik Lippo Grup, T-Cash milik Telkomsel, GrabPay milik Grab, dan Go-Pay milik Go-Jek 

Pembayaran melalui dompet elektronik sendiri digunakan untuk tujuan spesifik, misalnya saja untuk pembelanjaan online, pembayaran transportasi online, membeli pulsa, membayar pintu tol, parkir hingga untuk membeli makanan. Kemudahan inilah yang kemudian banyak masyarakat yang mengadopsi metode pembayaran digital melalui dompet elektronik. Akan tetapi, dibalik kemudahan tersebut ada hal lain yang mendorong minat masyarakat untuk menggunakan sistem tersebut. Karena sebanyak 80% respon memilih menggunakan pembayaran digital dikarenakan banyaknya promo berupa diskon, insetif produk, undian berhadiah hingga bonus yang diberikan oleh penyedia layanan pembayaran digital. (FSM/FE)

Check Also

LEJITKAN POTENSI BAHASA INGGRIS LEWAT FOCUS GROUP DISCUSSION

Selasa, 19 November 2019, Prodi Manajemen FE UNIBA Surakarta kedatangan tamu dari Sierra Leone – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *