Home / Info Kampus / Fakultas Hukum / Kegiatan kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka (MB-KM) di prodi ilmu hukum fakultas hukum universitas Islam Batik Surakarta

Kegiatan kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka (MB-KM) di prodi ilmu hukum fakultas hukum universitas Islam Batik Surakarta

Fakultas Hukum Universitas Islam Batik Surakarta  merupakan prodi ilmu hukum yang telah berdiri sejak tahun 1984. Di usianya yang telah mencapai 35 tahun, Prodi Ilmu Hukum UNIBA Surakarta  bersiap diri menghadapi Proses pembelajaran berbasis Sosio Legal dalam Era Adaptasi Kegiatan Baru. Masa pandemi covid menuntut Pendidikan Tinggi untuk merespon proses belajar mengajar dari luring menjadi daring dengan tetap mengutamakan mutu, kualitas serta kompetensi tanpa meninggalkan tujuan proses pembelajaran yaitu menghasilkan profil lulusan profesi hukum yang adaptif, kritis dan trampil di era adaptasi kegiatan baru.

Mensikapi hal tersebut, Prodi Ilmu Hukum FH UNIBA Surakarta bersiap mengevaluasi kurikulum dan mempersiapkan Kurikulum MBKM sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020, dengan rangkaian kegiatan dimulai dari Work Shop Kurikulum pada tanggal 21 Oktober 2020  dengan materi  tentang kurikulum MBKM ilmu Hukum dengan narasumber Dekan Fakultas Hukum UGM Yogyakarta, Prof. Dr. Sigit Riyanto, SH, LLM, dan Guru Besar Fakultas Hukum Parahiyangan  Prof. Dr. Johan Gunawan LLM Tem ahli hukum Bidang PendidikanTinggi Biro hukum dan Organisasi Kemendikbud RI serta Dr Ir . Rudi Gunawan Bastari Mtax ,Kepala kanwil DJP II Jawatengah. Pengebangan Sestem penjaminan Mutu Internal dalam Pembuatan kurikulum MBKM Fakultas Hukum UNIBA Surakarta dibimbing  oleh  Prof. Dr. Bernedete Waluyo SH.MH CN, Sekretris Tem Nasional Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal , Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan  Kemendikbud RI , Work Shop Prodi Ilmu Hukum UNIBA Surakarta  selain dihadiri oleh mitra kerjasama  antaralain  Pengadilan Negri Surakarta , Pengadilan Agama Surakarta , Ikatan Notaris Indonesia ( INI) cabang Surakarta , INI cabang Wonogiri, IPAD cabang Wonogiri , Peradi cabang Surakarta , KAI Cabang Surakarta , kepala Kantor Pajak Pratama Surakarta juga dihadiri oleh mitra akademik antara lain yaitu, FH UMS dan  FH UNIMMA Magelang  Instansi pemerintah serta mahasiswa dan alumni FH UNIBA Surakarta dan Pimpinan  Prodi lain dilingkunagn Uniba Surakarta..

Prodi Ilmu Hukum ,Fakultas Hukum UNIBA Surakarta  mendapatkan hibah MBKM dari kementrian Pendidikan Nasional RI ( KEMENDIKNAS RI) untuk terus mengembangkan kurikulumnya  dan terus menjalin kerjasama dengan berbagai mitra di Surakarta dan Sekitarnya , Luaran dari Kurikulum MBKM ini adalah, Kebijakan Kurikulum MBKM, Dokumen kurikulum MBKM dan kegiatan 3 semester (60 SKS) diluar Prodi yang akan di laksanakan pada tahun depan.

Check Also

Pengajian Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Kyai Mojo bersama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *