Home / Info Akademik / Kajian Teori Ekonomi di Masjid UNIBA

Kajian Teori Ekonomi di Masjid UNIBA

Setelah diresmikanya pemakaian masjid baru UNIBA Surakarta pada tanggal 8 Desember 2017, Takmir masjid menjadwalkan secara berkala kajian keilmuan bertempat di masjid tersebut. Pada saat pembukaan dimulai dengan dua tema kajian secara sekaligus, yaitu tema Ekonomi Syariah dengan nara sumber Syahrial Amri, ST (Direktur Bank Syariah Dana Mulia) dan tema Social Entrepreneur dengan nara sumber Ir. H, Solichul Hadi A. Bakri, M.Erg (Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik). Pada Jumat kedua (15 Desember 2017) dilakukan kajian denga tema Islam dan Pengentasan Kemiskinan, dengan nara sumber Dr. Supawi Pawenang, SE, MM (Wakil Rektor Bidang Kerjasama sekaligus Dosen Pascasarjana UNIBA Surakarta).

Ketika membahas Islam dan Pengentasan Kemiskinan, nara sumber memulai dengan memaparkan data kemiskinan di Indonesia dan Dunia, dilanjutkan dengan pemaparan instrumen redistribusi aset yang ada dalam ajaran Islam, seperti Zakat, Infaq, Shodaqah, Wakaf, Jizyah, Kharaj, dan sebagainya. Menurut Supawi Pawenang, teori ekonomi yang ada sekarang kurang mampu untuk mengurai permasalahan secara mendasar, maka fenomena kemiskinan akan senantiasa wujud. Untuk mengurainya secara tuntas diperlukan teori baru.

Pada paparan itu, Supawi Pawenang memperkenalkan Teori baru yang telah disusunnya, yaitu teori yang menggabungkan antara teori ekonomi yang ada dilandasi dengan nilai-nilai religiusitas (yang tertuang dalam Rukun Islam), yang dinamai dengan Teori Ekonomi Berdasar Teoantroposentrik. Teori baru tersebut dijelaskan secara filosofi keilmuannya hingga pada paparan analisisnya yang dituangkan dalam bentuk grafik.

Sambutan dari para dosen dan civitas akademika UNIBA atas fenomena kajian keilmuan dalam perspektif Islam ini sangat menarik, dan diharapkan ini akan berlanjut, hingga dari serambi masjid baru UNIBA tersebut muncul khasanah keilmuan yang mendunia. (WR4)

Check Also

FAKULTAS EKONOMI ADAKAN KEGIATAN PEMBEKALAN LAB. MANAJEMEN

Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen mengadakan kegiatan “ Pembekalan Lab Manajemen” atau KKL. Kegiatan tersebut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *