Home / Info Kampus / Kajian Keislaman di UNIBA Surakarta

Kajian Keislaman di UNIBA Surakarta

Sebagai Universitas Islam, UNIBA Surakarta senantiasa berupaya mengkaji dan menerapkan ajaran Islam dengan seksama (kaffah). Berbagai kajian keislaman diwujudkan secara kurikuler dan non kurikuler. Secara kurikuler, kajian keIslaman dimasukkan dalam mata kuliah rumpun studi Islam yang didistribusikan setiap semester, dan bersifat wajib (compulsory). Sedangkan secara non kurikuler diterapkan dalam berbagai kegiatan, seperti: Kajian setiap Jumat Pagi di Masjid UNIBA Surakarta, Kajian Bakda Dhuhur, Kegiatan UKMI (Unit Kegiatan Mahasiswa Islam), forum group discussion di setiap program studi, kajian di Pusat Studi Islam dan Kemasyarakatan, Kajian di Halal Science Institution UNIBA Surakarta, kajian tafsir, pengajian umum, dan sebagainya. Selain kajian yang bersifat teoritis, UNIBA memfasilitasi bersifat praktis, berupa praktik perbankan Islam, Galeri Investasi Syariah, dan sebagainya.

Kajian keislaman di UNIBA Surakarta tidak sebatas pada tema etika dan norma Islam saja, melainkan juga kajian tentang keilmuan Islam yang bersifat saintifik (islamic science). Dampak dari kajian itu terbukti menghasilkan beberapa teori baru yang mampu memadukan antara saintifik dan religion sekaligus. Terobosan ini menjadi sesuatu yang membanggakan bagi UNIBA Surakarta. Sebagai contoh, hadirnya teori k

eilmuan yang bersudut pandang Teoantroposentrik, yang dikenalkan oleh Dr. Supawi Pawenang, yang kemudian menghasilkan buku Islam Perspektif Manajemen, dan juga penelitian ekonomi Kurva Permintaan dan Penawaran erbasis Teoantroposentrik, dan penelitian lanjutan yang menghasilkan Rekonstruksi Kurva Indifferen berbasis teoantroposentrik.

Kebijakan kajian keIslaman di UNIBA didasarkan pada empat matra yang menjadi fundamental UNIBA. Empat matra ini merupakan representasi dari semangat para pendiri UNIBA surakarta. Hal ini tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP-UNIBA Surakarta 2013-2032). Empat matra tersebut adalah Nasionalis, Religius, Keilmuan, Amal Kerakyatan. Keempatnya menyatu menjadi satu keutuhan yang kemudian dijabarkan dalam visi-misi-tujuan UNIBA Surakarta. (WR IV)

Check Also

Kunjungan Lapangan Mahasiswa Agroteknologi UNIBA Surakarta di Integrated Farming Yogyakarta

Mahasiswa semester V Prodi Agroteknologi UNIBA Surakarta yang berjumlah 25 orang melakukan kunjungan ke CV …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *