Home / Info Kampus / JELANG IDUL ADHA, PROGRAM STUDI PETERNAKAN GELAR WEBINAR PERSIAPAN PENGELOLAAN TERNAK

JELANG IDUL ADHA, PROGRAM STUDI PETERNAKAN GELAR WEBINAR PERSIAPAN PENGELOLAAN TERNAK

Perayaan Idul Adha akan dilaksanakan pada 31 Juli 2020. Menjelang kegiatan tersebut tentunya perlu adanya persiapan dalam pengelolaan ternak. Persiapan bibit ternak untuk qurban penting dilakukan menjelang perayaan Idul Adha. Ternak yang digunakan untuk qurban harus memenuhi beberapa prasyarat. Di Indonesia ternak yang sering digunakan sebagai qurban adalah sapi, kambing, domba, dan kerbau.

Kamis 25 Juni 2020, Program Studi Peternakan Fakultas Teknik, Sains dan Pertanian mengadakan seminar online (webinar) dengan tema “PERSIAPAN PENGELOLAAN TERNAK UNTUK IDUL ADHA”. Webinar ini  menghadirkan tiga narasumber yaitu Abdul Hakim, S.Pt., M.Sc. (Kepala Program Studi Peternakan UNIBA Surakarta), Yanuar Achadri, S.Pt., M.Sc. (Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Nusa Tenggara Timur, Kementerian Pertanian), dan drh. Reza Pratama Putra (Dokter Hewan Penggiat Kesehatan Masyarakat Veteriner). Webinar ini dilaksanakan melalui media zoom meeting dan youtube. Kegiatan ini diikuti oleh 500 peserta yang terdiri dosen, praktisi, penyuluh pertanian, guru, mahasiswa, dan lain sebagainya. Peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dari Aceh sampai Papua. 

Materi yang disampaikan oleh Abdul Hakim, S.Pt., M.Sc. terkait dengan sistem pengelolaan ternak untuk kurban. Pengelolaan dapat dilakukan secara mandiri (perorangan), sistem kelompok, pola inti plasma (kemitraan), koperasi. Selain itu dijelaskan juga analisis ekonomi serta bagaimana penjualan ternak kurban yang baik. Pemateri kedua, Yanuar Achadri, S.Pt., M.Sc. menyampaikan terkait persiapan bibit ternak untuk idul adha. Materi yang disampaikan mengenai cara pemilihan hewan kurban sesuai syariat Islam dan PERMENTAN No. 14. Syarat hewan kurban sesuai PERMENTAN No. 14 adalah hewan sehat, tidak cacat, tidak kurus, cukup umur dan ternak jantan.  Selain itu dijelaskan pula aspek kesejahteraan hewan yang harus diperhatikan supaya ternak tidak mengalami stress. 

Materi selanjutnya disampaikan oleh drh. Reza Pratama Putra terkait persiapan penanganan kurban ditengah pandemi Covid-19. Adanya himbauan dari pemerintah untuk memperhatikan protokol kesehatan ketika pelaksanaan penyembelihan hewan. Pemerintah sudah mengeluarkan Surat edaran No. 008/06/2020 tentang  pelaksanaan kegiatan kurban dalam situasi Covid-19. Kesimpulan dari webinar ini adalah persiapan pengelolaan ternak untuk Idul Adha perlu memperhatikan beberapa aspek, dimulai dari sistem pemeliharaan yang lebih menguntungkan peternak dan konsumen. Bibit ternak yang dipersipakan harus memenuhi syarat keamanan, kehalalan dan kesejahteraan serta kesehatan ternak yang harus terjamin sampai ternak disalurkan ke masyarakat. Program Studi Peternakan juga berencana akan mengadakan webinar-webinar selanjutnya. Kegiatan ini digunakan untuk mentransfer informasi kepada masyarakat luas seputar dunia peternakan. (ANM/FTSP)

Check Also

Universitas Islam Batik Surakarta – Gelar Wisuda Sarjana Angkatan 47 dan Magister Angkatan 26

Surakarta, 19 September 2020 (UNIBA) – Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta menyelenggarakan Wisuda Sarjana Angkatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *