Home / Info Kampus / Fakultas Ekonomi / Ida Aryati Raih Gelar Doktor Lewat Adopsi Inovasi Pangan Nasional

Ida Aryati Raih Gelar Doktor Lewat Adopsi Inovasi Pangan Nasional

Ida Aryati Diyah Purnomo Wulan adalah dosen Fakultas Ekonomi UNIBA Surakarta. Ida Aryati merupakan dosen yang mengajar rumpun ilmu manajemen. Jumat, 8 Maret 2019 lalu Ida Aryati berhasil meraih gelar doktor untuk ilmu manajemen. Ida Aryati menempuh pendidikan doktoral di Universitas Kristen Satyawacana, Salatiga. Ujian terbuka doktor manajemen tersebut digelar di ruang Probowinoto, Gedung G lantai 5, Universitas Kristen Satyawacana. Ujian sidang terbuka merupakan tahapan akhir yang harus ditempuh sebelum menyandang gelar doktor. Dalam Ujian Sidang Terbuka pekan lalu, Ida Aryati mempertahankan judul disertasinya berupa Adopsi Inovasi Pangan Fungsional.

Disertasi yang diajukan untuk memperoleh gelar doktor membahas mengenai inovasi jejamuan. Seperti yang sudah banyak diketahui jamu adalah minuman tradisional yang cukup terkenal dan banyak dikonsumsi di negara ini. Disertasi tersebut membahas secara mendalam mengenai model perilaku konsumen yang berbeda dengan model perilaku konsumen untuk produk minuman lainnya. Model perilaku konsumen jamu ini cukup unik. Model perilaku konsumen jamu ini banyak dilator belakangi oleh faktor budaya dan persuasi. Disertasi tersebut didasari oleh teori dari Rogers (1983), Teori Adapsi Inovasi dan Theory of Planned Behavior dari Adzen (1975).

Ujian Terbuka Doktor Manajemen tersebut dipimpin langsung oleh Rektor Magnificus, Neil Semuel Rupidara., Ph.D. Disertasi yang diajukan oleh Ida Aryati tersebut dipromotori oleh Prof. Sony Heru Priyanto dan dengan ko-promotor Prof. John J.O.I Ihlaluw. Penguji dalam Ujian Terbuka Doktor Manajemen terdiri dari empat penguji, diantaranya Prof. Christantitius Dwiatmadja, Albert Kriestian N.A.N., Roos Kities Andadari, dan Prof. Sunarru Samsi. Hasil akhir dari ujian terbuka doktor manajemen yang dilalui oleh Ida Aryati tersebut berhasil mengantarkannya menjadi doktor baru di bidang manajemen, dan mendapat predikat kelulusan sangat memuaskan.

Check Also

UNIBA Surakarta tanda tangani Letter of Intent (LoI) dengan International Institute for Halal Research and Training (INHART) – International Islamic University Malaysia (IIUM)

UNIBA Surakarta tidak hanya mengembangkan sepak terjangnya dalam lingkup nasional, namun UNIBA Surakarta juga memperkuat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *