Home / Info Kampus / Fakultas Pertanian / Himagrotek Ramaikan Student Centre Dengan Penanaman Lapang

Himagrotek Ramaikan Student Centre Dengan Penanaman Lapang

Himagrotek (Himpunan Mahasiswa Agroteknologi) Fakultas Teknik, Sains dan Pertanian Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta mengadakan kegiatan penanaman lapang di Student Centre Uniba Surakarta, Kamis (13/12/2018).

Kegiatan penanaman tersebut merupakan program kerja dari divisi Lingkungan Hidup Himagrotek Uniba Surakarta. Kegiatan tersebut didampingi dan difasilitasi oleh dosen pengampu Teknik Budidaya Tanaman, yaitu Ir. Tri Rahayu, MS. “Saya harap, Himagrotek sebagai organisasi keprofesian, mampu mengkooridinir mahasiswa Pertanian untuk bekerjasama dalam menyukseskan kegiatan penanaman ini. Diharapkan ada follow-up yang terus menerus dari Himagrotek itu sendiri guna tercapainya tujuan dari acara ini,” ujarnya.

Adapun metode penanaman dalam kegiatan ini yaitu menggunakan sistem penanaman vertikultur dan polybag. Media yang digunakan adalah campuran tanah liat, sekam padi, dan pupuk kompos dengan perbandingan tertentu. Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah anggota dan pengurus Himagrotek Uniba yang terdiri dari beberapa mahasiswa pertanian semester 1, 3, 5 dan 7 dari Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis, yang juga dihadiri oleh Dekan Fakultas dan Rektor Universitas.

“Acara ini bertujuan supaya teman-teman mahasiswa Pertanian menjadi lebih aktif, produktif dan harmonis,” ungkap Moh Masnur, selaku Ketua Panitia dari kegiatan penanaman ini.

Mahasiswa asal Brebes, Jawa Tengah ini menjelaskan bahwa yang dimaksud aktif adalah mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu Pertanian yang didapatnya dari bangku perkuliahan dengan aksi nyata, yaitu dengan kegiatan penanaman ini.

“Ilmu Teknik Budidaya Tanaman (Agronomi) yang didapat dari bangku perkuliahan, dapat diaplikasikan dalam kegiatan ini mulai dari pemilihan media tanam yang digunakan, penggunaan pupuk, perlakuan tanaman dari mulai benih, bibit, hingga tanaman tersebut tumbuh menjadi dewasa. Ilmu Perlindungan Tanaman (Proteksi) dapat diaplikasikan oleh mahasiswa dengan mengamati gejala serangan hama dan penyakit pada tanaman, sehingga mahasiswa mampu menemukan solusi untuk memberantas hama dan penyakit secara terpadu. Adapun yang dimaksud dengan produktif adalah mahasiswa dapat memanfaatkan waktunya untuk kegiatan yang lebih bermanfaat,” jelasnya.

“Kita sudah difasilitasi oleh kampus berupa Student Centre ini, jadi kita harus maksimalkan lahan yang tersedia  di halaman depan dan halaman belakang SC ini supaya menjadi lebih produktif, yaitu dengan melakukan penanaman. Sehingga mahasiswa memiliki kesibukan yang lebih bermanfaat dari pada hanya sekedar tiduran di kost masing-masing setelah pulang kuliah. Dengan adanya penanaman ini, insya Allah selepas pulang kuliah, teman-teman diharapkan mampir ke SC untuk sinau (mengamati pertumbuhan dan perkembangan tanaman) dan merawat tanaman. Karena, jika tanaman tersebut sudah siap untuk dipanen, maka uang hasil panen/penjualan tersebut akan dimasukkan ke kas Himagrotek yang digunakan untuk keperluan bersama,” ujar Mahasiswa yang akrab disapa Mas nurini.

Dekan Fakultas Teknik, Sains, dan Pertanian, Srie Juli Rachmawatie, S.P, M.P mengatakan bahwa,Uniba Surakarta merupakan Enterpreneur University. “Jargon kampus kita adalah enterpeneur university, jadi mahasiswa harus mampu menemukan ide-ide kreatif dalam berwirausaha. Salah satunya adalah wirausaha pertanian. Saya harap, mahasiswa Uniba itu aktif dan produktif. Kampus kita sudah menyediakan fasilitas berupa lahan, tinggal bagaimana kreativitas mahasiswa dalam menggunakan dan mengolahnya. Dulu waktu saya kuliah juga sambil berwirausaha tanaman cabe, dan hasil panennya bisa digunakan untuk membayar UKT,” imbuhnya, sembari memotivasi dan memberi semangat kepada Mahasiswa.

Di sela-sela kegiatan penanaman, Ketua Umum Himagrotek Uniba, M.Y.F. Adnan mengatakan bahwa kegiatan penanaman lapang ini dihadiri oleh mahasiswa Agroteknologi lintas angkatan, yaitu mulai dari angkatan 2015, 2016, 2017, hingga angkatan mahasiswa baru 2018, dan Agribisnis angkatan 2018. “Sesuai nama cabinet kita, yaitu Harmonis. Maka, saya harap dengan kegiatan ini mampu mempererat tali persaudaraan antar sesame Mahasiswa Pertanian Uniba. Disini, mahasiswa/mahasiswi dari berbagai angkatan saling bertemu dan bercanda gurau, mengobrol, berdiskusi, dan sharing-sharing seputar Ilmu Agronomi,” ungkapnya.

Check Also

Ida Aryati Raih Gelar Doktor Lewat Adopsi Inovasi Pangan Nasional

Ida Aryati Diyah Purnomo Wulan adalah dosen Fakultas Ekonomi UNIBA Surakarta. Ida Aryati merupakan dosen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *