Home / Info Kampus / Fakultas Ekonomi / GAUNGKAN SEMANGAT ENTREPRENEURIAL UNIVERSITY  LEWAT PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT: PELATIHAN PEMBUATAN PUDING ART BAGI IBU-IBU PKK DESA BOLON

GAUNGKAN SEMANGAT ENTREPRENEURIAL UNIVERSITY  LEWAT PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT: PELATIHAN PEMBUATAN PUDING ART BAGI IBU-IBU PKK DESA BOLON

Entrepreneurial University merupakan spirit yang diusung oleh Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta untuk mewujudkan visi misinya. Seluruh civitas akademika UNIBA Surakarta baik dosen, mahasiswa, maupun karyawan dituntut untuk selalu mengasah dan menularkan jiwa wirausahanya. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh dosen dalam menularkan spirit entrepreneur-nya adalah melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat inilah salah satu upaya wujud nyata peran dosen UNIBA untuk menggaungkan semangat berwirausaha sekaligus sebagai wujud peran dosen dalam sumbangsih keilmuannya agar bermanfaat untuk masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini diusung oleh tim dosen dari program studi akuntansi yaitu Sari Kurniati, sebagai ketua tim, Yuli Chomsatu S, dan Agni Astungkara, sebagai anggota. Pengabdian ini dilakukan pada Sabtu, 19 Oktober yang bertemakan  “Pelatihan Pembuatan Puding Art sebagai Tambahan Income Keluarga pada Ibu-ibu PKK” yang dilakukan di Dusun Tritis, Desa Bolon, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar dengan peserta ibu-ibu PKK setempat. Tim pengabdian dari prodi akuntansi memberikan ilmu terkait motivasi berwirausaha, pengelolaan income keluarga, dan bagaimana cara menambah income keluarga melalui peluang usaha kuliner kekinian “puding art” dan puding olahan dari hasil pertanian setempat. Terkait pembuatan “puding art”, tim pengabdian menggandeng spesialis kuliner yang berkecimpung dibidang “puding art” yaitu Estininggar sebagai pengelola Dapur Esti Solo yang bergelut dibidang puding-cake-catering kekinian.

Adanya kegiatan pengabdian ini diharapkan ibu-ibu PKK setempat mempunyai motivasi lebih untuk berwira usaha sehingga mendapatkan tambahan penghasilan untuk keluarga, dan dapat meningkatkan taraf hidupnya. Selain itu, ibu-ibu PKK diharapkan dapat mengelola keuangan dengan bijak, dan dapat membidik peluang usaha yang kekinian misalnya puding art ini. Jika Ibu-ibu rumah tangga ini dapat bergerak maju menangkap peluang ini, maka kesejahteraan akan meningkat, dapat menggerakkan roda perekonomian keluarga yang akan berlanjut dari skala usaha mikro, kecil, kemudian menengah. (SK/FE)

Check Also

LEJITKAN POTENSI BAHASA INGGRIS LEWAT FOCUS GROUP DISCUSSION

Selasa, 19 November 2019, Prodi Manajemen FE UNIBA Surakarta kedatangan tamu dari Sierra Leone – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *