Universitas Islam Batik Surakarta https://uniba.ac.id/utama Entrepreneurial University Tue, 04 Aug 2020 02:26:14 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.2 KETUA YAPERTIB SURAKARTA LANTIK REKTOR, WAKIL REKTOR A DAN WAKIL REKTOR B MASA BAKTI 2020-2024 https://uniba.ac.id/utama/ketua-yapertib-surakarta-lantik-rektor-wakil-rektor-a-dan-wakil-rektor-b-masa-bakti-2020-2024/ https://uniba.ac.id/utama/ketua-yapertib-surakarta-lantik-rektor-wakil-rektor-a-dan-wakil-rektor-b-masa-bakti-2020-2024/#respond Tue, 04 Aug 2020 02:26:14 +0000 https://uniba.ac.id/utama/?p=5619 Surakarta, 3 Agustus 2020, Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik Surakarta  melantik Rektor, Wakil Rektor A dan Wakil Rektor B UNIBA Surakarta untuk masa bakti 2020-2024. Acara pelantikan Rektor, Wakil Rektor A dan Wakil Rektor B UNIBA Surakarta tersebut dilaksanakan di Aula Sidoluhur UNIBA Surakarta. Pelantikan pejabat tertinggi di UNIBA Surakarta tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik Surakarta, Sahrial Amri.

Pada masa new normal  ini tidak mengurangi antusiasme civitas akademika UNIBA Surakarta dalam menyambut Rektor, Wakil Rektor A dan Wakil Rektor B yang baru. Meski harus melaksanakan pembatasan sosial, acara pelantikan ini tidak mengurangi esensi dari inti acara. Undangan dibagi menjadi dua jenis, pihak yang berkepentingan langsung dipersilakan untuk turut hadir dalam aula Sidoluhur dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan, civitas akademika UNIBA Surakarta lainnya tetap dapat mengikuti jalannya acara melalui media daring secara langsung melalui saluran resmi UNIBA Surakarta pada media Youtube.

Acara dimulai dari adanya rangkaian pembukaan yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Pemberhentian. Surat Keputusan Pemberhentian yang pertama dibacakan untuk Dr. Pramono Hadi, S.P., M.Si dari jabatan Rektor, dilanjutkan dengan Surat Keputusan Pemberhentian untuk Sari Kurniati, S.E., M.Si dari jabatan Wakil Rektor A. Surat Keputusan Pemberhentian yang terakhir dibacakan untuk Dika Yudanto, S.H., M.H. dari jabatan Waki Rektor B. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan Dr. H. Amir Junaidi, S.H., M.H., sebagai Rektor UNIBA Surakarta, Dr. Ariy Khaerudin, S.H., M.H., sebagai Wakil Rektor A, dan Dr. Kartika Hendra Titisari, S.E., M. Si., Akt., C.A., CSRS., CSRA., sebagai Wakil Rektor B.

Pelantikan Rektor, Wakil Rektor A dan Wakil Rektor B UNIBA Surakarta 2020-2024 dilaksanakan setelah pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan yang kemudian dilanjutkan dengan pengucapan ikrar oleh Rektor, Wakil Rektor A dan Wakil Rektor B UNIBA Surakarta masa bakti 2020-2024. Prosesi pelantikan diakhiri dengan penandatanganan Naskah Berita Acara Serah Terima Jabatan Rektor dari Dr. Pramono Hadi, S.P., M.Si kepada Dr. H. Amir Junaidi, S.H., M.H.

Pengangkatan Rektor, Wakil Rektor A dan Wakil Rektor B UNIBA Surakarta untuk masa bakti 2020-2024 ini diharapkan mampu menjadi tonggak keberhasilan untuk kejayaan UNIBA Surakarta. Dilantiknya pemimpin-pemimpin baru UNIBA Surakarta ini diharapkan mampu membawa UNIBA Surakarta menjadi institusi pendidikan yang memiliki kredibilitas, berdaya saing global, serta tetap menjunjung tinggi nilai-nilai islam yang rahmatan Lil ‘Alamin.

]]>
https://uniba.ac.id/utama/ketua-yapertib-surakarta-lantik-rektor-wakil-rektor-a-dan-wakil-rektor-b-masa-bakti-2020-2024/feed/ 0
UNIBA SURAKARTA RAYAKAN DIES NATALIS KE-37 DENGAN KHIDMAT https://uniba.ac.id/utama/uniba-surakarta-rayakan-dies-natalis-ke-37-dengan-khidmat/ https://uniba.ac.id/utama/uniba-surakarta-rayakan-dies-natalis-ke-37-dengan-khidmat/#respond Tue, 28 Jul 2020 08:00:34 +0000 https://uniba.ac.id/utama/?p=5612 Selasa, 28 Juli 2020 menjadi puncak perayaan Dies Natalis UNIBA Surakarta. Perayaan Dies Natalis kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Sholat Dhuha dan Doa Bersama yang dilanjutkan dengan prosesi pengajian menjadi inti acara Dies Natalis UNIBA Surakarta. Acara dimulai pukul 09.00 WIB

Acara tersebut dihadiri oleh pihak-pihak internal UNIBA Surakarta. Hal tersebut dikarenakan adanya masa pendemi ini, sehingga mengahruskan adanya pembatasan social. Acara tersebut menerapkan protocol kesehatan, mengingat masa pandemic ini belum berakhir.

Rangkaian acara perayaan tersebut dimulai dengan pembukaan dan sholat dhuha bersama. Selepas sholat dhuha, acara dilanjutkan dengan doa bersama. Hal tersebut dilakukan dengan landasan wujud syukur civitas akademika UNIBA Surakarta sebagai lembaga pendidikan yang selalu berupaya menjaga kualitas layanan. Selain itu, rangkaian acara ini juga sebagai bentuk munajat kepada Allah SWT agar senantiasa diberkati dengan rahmat dan hidayah.

Acara selanjutnya adalah Pengajian yang juga berisi dengan kilas balik Sejarah UNIBA Surakarta. Pengajian dengan khotib Dr. Amir Junaedi mengulas dan meluruskan tentang sejarah UNIBA Surakarta dengan nilai-nilai keislamannya.

UNIBA Surakarta yang pada mulanya bernama Universitas Islam Kyai Mojo (UIM) lahir pada tanggal 26 Juli 1983 di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kyai Mojo (YAPERTIM). Kelahiran UIM ini merupakan hasil dari penggabungan antara Akademi Akuntansi dan Manajemen Batik Surakarta (AAM) dengan Universitas Islam Surakarta (UNIS). UNIBA semula bernama Universitas Islam Kyai Mojo (UIM), merupakan peningkatan status dari akademi akuntansi dan manajemen (AAM )Batik yang bergabung dengan beberapa Fakultas dari UNIS berdasarkan SK Kopertis wilayah VI nomor. 1137/K.14.39/KOP. VI/1983 tanggal 26 Juli 1983. UIM membuka tiga fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Pertanian. Sedangkan UNIS mengelola Fakultas Tarbiyah dan Syariah. Pada tanggal 28 Maret 1989 diubah menjadi Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA Surakarta) sesuai dengan persetujuan Mendikbud RI dengan surat keputusan NO. 0161/0/1989. Pada saat ini mengelola tiga fakultas yaitu: Ekonomi (Manajemen dan Akuntansi), Hukum, Pertanian (Agribisnis, AGroteknologi, Peternakan, Teknik Industri dan Teknik SIpil) dan satu Program Pasca Sarjana.

UNIBA Surakarta mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berpartisipasi meramaikan perayaan Dies Natalis UNIBA yang ke-37 dengan mengirimkan berbagai karangan bunga. Dalam Perayan Dies Natalis yang ke 37 ini, diharapkan menjadi universitas yang selalu berikhtiar untuk mengedepankan nilai-nilai pendidikan yang berasaskan Islam. Semoga UNIBA Surakarta menjadi universitas yang rahmatan lil alamin.

]]>
https://uniba.ac.id/utama/uniba-surakarta-rayakan-dies-natalis-ke-37-dengan-khidmat/feed/ 0
RAIH SUKSES DENGAN KEKUATAN PIKIRAN DI MASA NEW NORMAL https://uniba.ac.id/utama/raih-sukses-dengan-kekuatan-pikiran-di-masa-new-normal/ https://uniba.ac.id/utama/raih-sukses-dengan-kekuatan-pikiran-di-masa-new-normal/#respond Fri, 03 Jul 2020 13:19:22 +0000 https://uniba.ac.id/utama/?p=5603  Rabu 1 Juli 2020, Fakultas Teknik, Sains dan Pertanian UNIBA Surakarta mengadakan seminar online (webinar) motivasi dengan tema “RAIH SUKSES DENGAN KEKUATAN PIKIRAN DI MASA NEW NORMAL”. Webinar ini menghadirkan narasumber yaitu Ir. Hari Indra Yudayana, MM., beliau merupakan dosen Fakultas Teknik, Sains dan Pertanian UNIBA Surakarta, Widyaiswara dan Hypnotherapist. Moderator webinar kali ini adalah Srie Juli Rachmawatie, SP., M.Si, dosen Program Studi Agroteknologi Fakultas Teknik, Sains dan Pertanian UNIBA Surakarta. Webinar ini dilaksanakan melalui media online yaitu zoom meeting dan youtube. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dosen, praktisi, penyuluh pertanian, guru, mahasiswa, siswa dan lain sebagainya. 

Materi yang disampaikan mengenai kekuatan sebuah pikiran, dengan pikiran kita bisa mengubah apa saja yang ada di dalam diri. Kekuatan pikiran dapat merubah segalanya. Ditengah pandemi Covid-19 dan sekarang sudah mulai menuju masa new normal, tentunya diperlukan cara adaptasi kehidupan baru. Cara sukses di masa new normal itu (3P) yaitu pikiran, perasaan, perbuatan. Pikiran yang baik, perasaan baik, dan perbuatan yang baik akan membuat hidup menjadi maju. Beliau juga menekankan agar kita selalu memiliki pikiran dan perkataan positif agar alam bawah sadar kita juga merekam hal-hal yang positif pula. Pikiran akan mempengaruhi citra di dalam diri.

Para peserta webinar sangat antusias memberikan pertanyaan pada saat sesi diskusi berlangsung. Antusias peserta mendorong Fakultas Teknik, Sains dan Pertanian UNIBA Surakarta untuk mengadakan webinar motivasi selanjutnya. Kegiatan ini digunakan untuk mentransfer informasi kepada masyarakat luas dan juga untuk sarana memperkenalkan Fakultas Teknik, Sains, dan Pertanian UNIBA Surakarta. 

]]> https://uniba.ac.id/utama/raih-sukses-dengan-kekuatan-pikiran-di-masa-new-normal/feed/ 0 PRGORAM STUDI TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK, SAINS DAN PERTANIAN UNIBA SURAKARTA MENGGELAR WEBINAR “DILEMA PASCA PUTIH ABU-ABU” https://uniba.ac.id/utama/prgoram-studi-teknik-industri-fakultas-teknik-sains-dan-pertanian-uniba-surakarta-menggelar-webinar-dilema-pasca-putih-abu-abu/ https://uniba.ac.id/utama/prgoram-studi-teknik-industri-fakultas-teknik-sains-dan-pertanian-uniba-surakarta-menggelar-webinar-dilema-pasca-putih-abu-abu/#respond Thu, 02 Jul 2020 11:36:56 +0000 https://uniba.ac.id/utama/?p=5595    Program studi Teknik Industri UNIBA Surakarta menyelenggarakan webinar yang bertajuk “Dilema Pasca Putih Abu-Abu” pada Jumat (27/6) yang diikuti oleh siswa/i SMA sederajat, mahasiswa dan guru-guru SMA sederajat. Webinar ini menghadirkan dua narasumber yaitu Ayudyah Eka Apsari, S.T., S.S., M.T. yang merupakan dosen Teknik Industri UNIBA Surakarta dan Edwin Anangga Maryan, S.T. yang merupakan Staff Quality Control dan Internal Auditor ISO 9001 dan 140001 di PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors. 

Selaras dengan tema webinar yang diangkat, kedua pembicara mengupas tuntas tentang dilema yang dialami sebagian besar siswa ketika akan memasuki dunia perkuliahan dan gambaran nyata prospek karir sebagai lulusan Teknik Industri bagi mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja. Ayudyah Eka Apsari, S.T., S.S., M.T. yang juga sedang menempuh kuliah jenjang doktoral di Universitas Udayana Bali membagi pengalaman dan tips serta trik dalam menempuh dunia perkuliahan pada umumnya dan perkuliahan di program studi Teknik Industri khususnya. Tidak lupa beliau juga memotivasi peserta untuk tetap bersemangat dalam menjalani kegiatan perkuliahan di masa pandemi covid-19 ini. 

Selain itu, Edwin Anangga Maryan, S.T. yang berkarir di PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors dan juga merupakan alumnus Teknik Industri membagi pengalaman beliau selama berkarir di dunia kerja serta ilmu-ilmu di bidang Teknik Industri yang beliau terapkan saat berkerja. Para peserta sangat antusias atas pemaparan yang disampaikan oleh kedua narasumber, bahkan beberapa peserta juga mengajukan pertanyaan yang membuat acara webinar semakin menarik untuk disimak. Dengan adanya webinar ini, diharapkan para siswa yang akan memasukin dunia perkuliahan tidak akan bimbang lagi dalam melangkah dan bagi mahasiswa diharapkan mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang dunia kerja. 

]]>
https://uniba.ac.id/utama/prgoram-studi-teknik-industri-fakultas-teknik-sains-dan-pertanian-uniba-surakarta-menggelar-webinar-dilema-pasca-putih-abu-abu/feed/ 0
JELANG IDUL ADHA, PROGRAM STUDI PETERNAKAN GELAR WEBINAR PERSIAPAN PENGELOLAAN TERNAK https://uniba.ac.id/utama/jelang-idul-adha-program-studi-peternakan-gelar-webinar-persiapan-pengelolaan-ternak/ https://uniba.ac.id/utama/jelang-idul-adha-program-studi-peternakan-gelar-webinar-persiapan-pengelolaan-ternak/#respond Fri, 26 Jun 2020 03:55:14 +0000 https://uniba.ac.id/utama/?p=5585 Perayaan Idul Adha akan dilaksanakan pada 31 Juli 2020. Menjelang kegiatan tersebut tentunya perlu adanya persiapan dalam pengelolaan ternak. Persiapan bibit ternak untuk qurban penting dilakukan menjelang perayaan Idul Adha. Ternak yang digunakan untuk qurban harus memenuhi beberapa prasyarat. Di Indonesia ternak yang sering digunakan sebagai qurban adalah sapi, kambing, domba, dan kerbau.

Kamis 25 Juni 2020, Program Studi Peternakan Fakultas Teknik, Sains dan Pertanian mengadakan seminar online (webinar) dengan tema “PERSIAPAN PENGELOLAAN TERNAK UNTUK IDUL ADHA”. Webinar ini  menghadirkan tiga narasumber yaitu Abdul Hakim, S.Pt., M.Sc. (Kepala Program Studi Peternakan UNIBA Surakarta), Yanuar Achadri, S.Pt., M.Sc. (Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Nusa Tenggara Timur, Kementerian Pertanian), dan drh. Reza Pratama Putra (Dokter Hewan Penggiat Kesehatan Masyarakat Veteriner). Webinar ini dilaksanakan melalui media zoom meeting dan youtube. Kegiatan ini diikuti oleh 500 peserta yang terdiri dosen, praktisi, penyuluh pertanian, guru, mahasiswa, dan lain sebagainya. Peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dari Aceh sampai Papua. 

Materi yang disampaikan oleh Abdul Hakim, S.Pt., M.Sc. terkait dengan sistem pengelolaan ternak untuk kurban. Pengelolaan dapat dilakukan secara mandiri (perorangan), sistem kelompok, pola inti plasma (kemitraan), koperasi. Selain itu dijelaskan juga analisis ekonomi serta bagaimana penjualan ternak kurban yang baik. Pemateri kedua, Yanuar Achadri, S.Pt., M.Sc. menyampaikan terkait persiapan bibit ternak untuk idul adha. Materi yang disampaikan mengenai cara pemilihan hewan kurban sesuai syariat Islam dan PERMENTAN No. 14. Syarat hewan kurban sesuai PERMENTAN No. 14 adalah hewan sehat, tidak cacat, tidak kurus, cukup umur dan ternak jantan.  Selain itu dijelaskan pula aspek kesejahteraan hewan yang harus diperhatikan supaya ternak tidak mengalami stress. 

Materi selanjutnya disampaikan oleh drh. Reza Pratama Putra terkait persiapan penanganan kurban ditengah pandemi Covid-19. Adanya himbauan dari pemerintah untuk memperhatikan protokol kesehatan ketika pelaksanaan penyembelihan hewan. Pemerintah sudah mengeluarkan Surat edaran No. 008/06/2020 tentang  pelaksanaan kegiatan kurban dalam situasi Covid-19. Kesimpulan dari webinar ini adalah persiapan pengelolaan ternak untuk Idul Adha perlu memperhatikan beberapa aspek, dimulai dari sistem pemeliharaan yang lebih menguntungkan peternak dan konsumen. Bibit ternak yang dipersipakan harus memenuhi syarat keamanan, kehalalan dan kesejahteraan serta kesehatan ternak yang harus terjamin sampai ternak disalurkan ke masyarakat. Program Studi Peternakan juga berencana akan mengadakan webinar-webinar selanjutnya. Kegiatan ini digunakan untuk mentransfer informasi kepada masyarakat luas seputar dunia peternakan. (ANM/FTSP)

]]> https://uniba.ac.id/utama/jelang-idul-adha-program-studi-peternakan-gelar-webinar-persiapan-pengelolaan-ternak/feed/ 0 UNIBA SURAKARTA-STIE MALANGKUCECWARA MALANG, AJAK MASYARAKAT BIJAK BERINVESTASI DI PASAR MODAL https://uniba.ac.id/utama/uniba-surakarta-stie-malangkucecwara-malang-ajak-masyarakat-bijak-berinvestasi-di-pasar-modal/ https://uniba.ac.id/utama/uniba-surakarta-stie-malangkucecwara-malang-ajak-masyarakat-bijak-berinvestasi-di-pasar-modal/#respond Fri, 26 Jun 2020 03:48:12 +0000 https://uniba.ac.id/utama/?p=5579 Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam Semesta (HIMPAS) Vignecvara bekerja sama dengan STIE Malangkucecwara Malang dan Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta melaksanakan Webinar.  Tema yang diangkat dalam webinar tersebut adalah, “KIAT BIJAK BERINVESTASI DI CAPITAL MARKET”. Acara webinar itu sendiri dilaksanakan pada pada hari Sabtu, tanggal 20 Juni 2020 pada pukul 10.00-12.00 WIB.

Acara tersebut menghadirkan narasumber pembicara yang berkompeten dibidangnya. Narasumber tersebut yaitu Ricky Yanto yang merupakan praktisi yang sudah memiliki jam terbang tinggi di capital market. Acara yang berlangsung selama dua jam tersebut dimoderatori oleh Dr. Kartika Hendra Titisari, SE, M.Si, Akt, CA CSRS, CSRA dari Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA).  Jumlah peserta pada acara ini mencapai 510 peserta  yang mengikuti melalui aplikasi Zoom Meeting dan aplikasi YouTube. 

Peserta seminar ini terdiri dari Kalangan Dosen, Mahasiswa, Umum, kalangan professional dan lain lainya. Pada pelaksanaan webinar ini peserta mendapatkan sertifikat secara gratis. Dari kalangan akademisi saat ini sudah tergabung 20 Doktor, 88 Master, selebihnya adalah strata S1, Strata D3, Mahasiswa, dan professional. Peserta juga tersebar dari beberapa kota Jabodetabek, Ambon, Maluku, Ternate, Atambua, Bandar Lampung, Palembang, Batam, Bima, Solo Raya, Semarang Raya, Jogja, Malang Raya, Jayapura, Kutai Kartanegara, dan Samarinda. Tidak hanya dari kota-kota di Indonesia saja, webinar ini juga diikuti oleh partisipan dari beberapa Negara, seperti Malaysia, Inggris, dan.

Webinar ini dimulai dengan adanya opening speech Dr. Drs. Kadarusman, AK., M.M, CA dari STIE MAlangkucecwara. Acara inti, narasumber menjelaskan mengenai pasar modal. Selain itu narusmber juga memaparkan mengenai kiat-kiat berinvestasi di pasar modal. Harapannya para peserta dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapat dari webinar ini untuk berinvestasi di pasar modal. 

]]>
https://uniba.ac.id/utama/uniba-surakarta-stie-malangkucecwara-malang-ajak-masyarakat-bijak-berinvestasi-di-pasar-modal/feed/ 0
Pendaftaran Mahasiswa Baru 2020/2021 UNIBA Surakarta https://uniba.ac.id/utama/pendaftaran-mahasiswa-baru-2020-2021-uniba-surakarta/ https://uniba.ac.id/utama/pendaftaran-mahasiswa-baru-2020-2021-uniba-surakarta/#respond Thu, 11 Jun 2020 06:24:15 +0000 https://uniba.ac.id/utama/?p=5568

  • Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta merupakan salah satu perguruan tinggi besar di kawasan Surakarta yang hadir sebagai salah satu wujud tanggung jawab umat Islam dengan visi “Universitas Islam Batik Surakarta menjadi entrepreneurial University yang akhlaqul karimah, berdaya saing global, memiliki komitmen pada risalah islamiah di bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai rahmatan lil’alamin.

Untuk itu, UNIBA Surakarta wajib menjaga dan melakukan upaya untuk mengembangkan kampus UNIBA Surakarta tercinta ini agar selalu unggul di berbagai ajang kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. Era kekinian saat ini dipenuhi oleh banyak kejutan-kejutan yang dikontribusi oleh kemajuan teknologi informasi dengan perubahan yang sangat cepat.

UNIBA Surakarta saat ini telah membuka Pendaftaran melalui 2 jalur:

  1. Online
  2. One Day Service : di Kampus UNIBA Surakarta

Adapun fakultas yang telah dibuka di UNIBA Surakarta adalah sebagai berikut:

No

Fakultas

Progdi

Jenjang

Status

1

Fak. Ekonomi

Akuntansi

S1

Terakreditasi A

   

Manajemen

S1

Terakreditasi B

 

 

Magister Manajemen

S2

Terakreditasi B

2.

Fak. Hukum

Hukum

S1

Terakreditasi B

3. Fak. Teknik, Sains dan Pertanian Agroteknologi

S1

Terakreditasi B

   

Agribisnis

S1

Terakreditasi C

   

Peternakan

S1

Terakreditasi

 

 

Teknik Industri

S1

Terakreditasi C

 

Persyaratan:

    1. Fotocopy STTB SMU/SMK Paket C/D3 yang di legalisir 3 lembar/Surat Keterangan Lulus bagi ijazah yang belum dikeluarkan
    2. Fotocopy transkrip nilai SMU/SMK/Paket C/D3 yang dilegalisir 3 lembar
    3. Pas photo ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar (Berwarna) maksimal 3 bulan terakhir (pakaian sipil)
    4. Fotocopy KTP & KK
    5. Mengisi Formulir pendaftaran
    6. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,-
    7. Bagi Mahasiswa transfer membayar biaya transfer (diatur tersendiri)

 

PROGRAM PASCA SARJANA

Program Studi Manajemen S2 ( Terakreditasi B)

No. 090/SK.BAN-PT/AKRED/M/III/2015

Program ini hadir sebagai wujud komitmen UNIBA Surakarta dalam meningkatkan kualitas dan daya saing SDM. Program Magister Sains di UNIBA di tempuh dalam 4 semester.

Konsentrasi Studi :

    1. Manajemen Pemasaran/Syariah
    2. Manajemen Sumber Daya Manusia
    3. Manajemen Keuangan/Syariah
    4. Manajemen Lembaga Pendidikan

 

Pendaftaran :

Keterangan mengenai syarat pendidikan,perkuliahan,dan ketentuan lainnya dapat diperoleh di Sekretariat Program Pascasarjana (Pps) UNIBA Surakarta,Jl. KH. Agus Salim No. 10 Surakarta,Telp. (0217) 714751, Fax. (0271) 740160 atau di website : http//pmb.uniba.ac.id atau http//uniba.ac.id, email : info@uniba.ac.id

 

Syarat Pendaftaran

  1. Membayar biaya pendaftaran Rp. 500.000 melalui BANK yang telah ditunjuk
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran
  3. Menyerahkan berkas berupa :
    – Fotocopy ijazah S1 dan Transkrip nilai yang sudah dilegalisir 3 lembar
    – Pas Foto hitam putih 3 x 4 dan 4 x 6 masing – masing 4 lembar
    – Fotocopy KTP sebanyak 3 lembar
  4. Rekomendasi dosen/pembimbing atau atasan bagi yang sudah bekerja
  5. Membawa ijazah,KTP dan KK asli

Fasilitas Pendidikan

  • Kampus di tengah kota yang mudah dijangkau dengan angkutan umum dari daerah sekitar Surakarta
  • Perpustakaan
  •  
  • Laboratorium :
    Lab. Fisika,Kimia,Biologi,untuk Fak. Pertanian, Green House

    Lab. Manajemen untuk Progdi Manajemen

    Lab. Akuntansi untuk progdi Akuntansi

    Lab. Peradilan semu untuk Fak. Hukum

    Lab. Komputer dan IT

    Lab. Bahasa

    Lab. Perbatikan\
  • Galeri Investasi
  • Dosen yang berkompeten sesuai bidang ilmunya
  • Biaya relative terjangkau
  • Beasiswa : PPA dan Bidk Misi
  • Sistem Informasi Akademik berbasis web
  • Sarana ibadah masjid
  • Sarana Olahraga
  • Bus Kampus
  • Ruang Kuliah ber AC
  •  

Contact Person Pendaftaran :

    • Vanny (Admin) – 081232216063
    • Adi (Sekretariat) – 083168011713
    • Nancy (Koordinator LIPM) – 085640620670
]]>
https://uniba.ac.id/utama/pendaftaran-mahasiswa-baru-2020-2021-uniba-surakarta/feed/ 0
REKTOR UNIBA SURAKARTA DAN KAPOLRES SRAGEN TANDA TANGANI MOU KERJASAMA ANTAR DUA LEMBAGA https://uniba.ac.id/utama/rektor-uniba-surakarta-dan-kapolres-sragen-tanda-tangani-mou-kerjasama-antar-dua-lembaga/ https://uniba.ac.id/utama/rektor-uniba-surakarta-dan-kapolres-sragen-tanda-tangani-mou-kerjasama-antar-dua-lembaga/#respond Tue, 09 Jun 2020 15:55:30 +0000 https://uniba.ac.id/utama/?p=5555 Selasa, 8 Juni 2020, Rektor UNIBA Surakarta bersama tim peneliti LP3M mengunjungi Polres Sragen. Maksud kedatangan Rektor UNIBA Surakarta bersama rombongan adalah untuk melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama dengan Polres Sragen. Agenda kerjasama tersebut meliputi peningkatan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan pengabdian kepada masyarakat.

Kesepakatan kerjasama yang dilakukan oleh UNIBA Surakarta dan Polres Sragen tersebut dituangkan dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan oleh kedua belah pihak, UNIBA Surakarta dan Polres Sragen. Pejabat yang menandatangani dokumen tersebut adalah Dr. Pramono Hadi selaku Rektor UNIBA Surakarta dan AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo, S.I.K selaku Kepala Polres Sragen.

Perjanjian yang dijalin antara UNIBA Surakarta dengan Polres Sragen ini mencakup pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, UNIBA Surakarta juga dipercaya oleh Polres Sragen untuk turut berkontribusi dalam pelaksanaan survei eksternal kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh Polres Sragen. Pelaksanaan survey internal tata kelola organisasi juga dilakukan secara daring, pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan oleh Tim Peneliti LP3M UNIBA Surakarta.

Adanya survei ini merupakan bentuk pertanggungjawaban Polres Sragen kepada masyarakat. Polres Sragen sangat mengutamakan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sehingga adanya survei ini merupakan salah satu sarana untuk melihat kualitas pelayanan yang telah diberikan. Pelayanan yang diukur kualitasnya adalah pelayanan pembuatan SIM, STNK, BPKB, SKCK, dan kegiatan kemayarakatan Polres Sragen serta pola-pola pengamanan masyarakat.

Wawancara yang dilakukan kepada Kapolres Sragen, mengungkapkan bahwa survei tersebut diutamakan untuk menilai kepuasan dan kenyamanan pengguna layanan. “Ada tidak tingkat kenyamanan, karena kalo sudah puas dan nyaman maka polisi akan ada di hati masyarakat”, tutur Kapolres Sragen. Alasan pemilihan UNIBA Surakarta menjadi mitra kerjasama kali ini diungkapkan oleh Kapolres Sragen adalah UNIBA Surakarta sebagai lembaga pendidikan yang sangat baik dan terpercaya, sehingga UNIBA Surakarta dapat diandalkan untuk menilai secara proposional.

“Apapun hasil nilainya itu adalah jerih paya kita, hasil keringat kita. Tentunya tidak mungkin sesempurna yang diharapkan, itu yakin. Tapi dari ketidaksempurnaan kita berusaha untuk memperbaiki yang lebih baik”, ungkap Kapolres Sragen.

]]>
https://uniba.ac.id/utama/rektor-uniba-surakarta-dan-kapolres-sragen-tanda-tangani-mou-kerjasama-antar-dua-lembaga/feed/ 0
POLRES SUKOHARJO JALIN KERJASAMA DENGAN UNIBA SURAKARTA ADAKAN SURVEI INTERNAL TATA KELOLA https://uniba.ac.id/utama/polres-sukoharjo-jalin-kerjasama-dengan-uniba-surakarta-adakan-survei-internal-tata-kelola/ https://uniba.ac.id/utama/polres-sukoharjo-jalin-kerjasama-dengan-uniba-surakarta-adakan-survei-internal-tata-kelola/#respond Thu, 04 Jun 2020 01:07:28 +0000 https://uniba.ac.id/utama/?p=5544 Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) UNIBA Surakarta adalah sebuah lembaga yang menjamin terselenggaranya komponen tridharma perguruan tingggi. LP3M UNIBA Surakarta menjamin terselenggaranya penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh civitas akademika UNIBA Surakarta.

LP3M UNIBA Surakarta kembali dipercaya oleh lembaga institusi pemerintahan sebagai rekan kerja sama. Kerja sama tersebut diwujudkan dalam bentuk penelitian. Institusi pemerintahan kali ini adalah Polres Sukoharjo. LP3M UNIBA Surakarta ditunjuk oleh Polres Sukoharjo sebagai lembaga yang kredibel untuk melaksanakan survei integritas atau kepuasan pelayanan masyarakat terhadap pelayanan di Polres Sukoharjo. Selain itu, LP3M UNIBA Surakarta juga melaksanakan survei Internal Tata Kelola (ITK).

Dr. Ida Aryati, selaku ketua LP3M UNIBA Surakarta mengungkapkan bahwa survei tentang ITK dilakukan secara online. Survei dimulai bulan Juni 2020 ini dan berlangsung beberapa hari saja. Dr. Ida Aryati yang juga ketua LP3M mengutarakan tujuan dari adanya survei ITK ini adalah untuk melaksanakan konsolidasi reformasi internal di lingkungan Polri pada tingkat Mabes Polri dan kewilayahan melalui perbaikan kerangka kelembagaan dan peraturan serta koordinasi yang efektif dengan lembaga penegak hukum lainnya. Hal tersebut didukung dengan adanya faktor-faktor pendukung guna mencapai sasaran RBP dalam mewujudkan aparatur Polri yang bersih dan bebas dari KKN, peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja Polri.

Survei yang dilaksanakan oleh LP3M UNIBA Surakarta ini sebelumnya didahului dengan adanya prosesi penandatanganan MoU. Penandatangan MoU tersebut menjadi bukti bahwa UNIBA Surakarta dan Polres Sukoharjo sepakat untuk menjalin kerjasama, baik dalam ranah pengajaran, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dr. Pramono Hadi selaku Rektor UNIBA Surakarta, dalam sambutannya berharap metode survey ini dapat menghasilkan indeks tata kelola pelayan Polres Sukoharjo. Dr. Pramono Hadi juga berharap agar hasil survei dapat dijadikan usulan tindak lanjut untuk perbaikan kualitas layanan.

]]>
https://uniba.ac.id/utama/polres-sukoharjo-jalin-kerjasama-dengan-uniba-surakarta-adakan-survei-internal-tata-kelola/feed/ 0
LP3M UNIBA SURAKARTA DAN POLRES KARANGANYAR ADAKAN SURVEI KEPUASAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DAN SURVEI INTERNAL TATA KELOLA (ITK) https://uniba.ac.id/utama/lp3m-uniba-surakarta-dan-polres-karanganyar-adakan-survei-kepuasan-pelayanan-kepada-masyarakat-dan-survei-internal-tata-kelola-itk/ https://uniba.ac.id/utama/lp3m-uniba-surakarta-dan-polres-karanganyar-adakan-survei-kepuasan-pelayanan-kepada-masyarakat-dan-survei-internal-tata-kelola-itk/#respond Wed, 27 May 2020 12:51:15 +0000 https://uniba.ac.id/utama/?p=5537 Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) UNIBA Surakarta adalah sebuah lembaga yang menjamin terselenggaranya komponen tridharma perguruan tingggi. LP3M UNIBA Surakarta menjamin terselenggaranya penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh civitas akademika UNIBA Surakarta.

Setelah sebelumnya melakukan survei kepuasan pengguna layanan Polres Wonogiri, UNIBA Surakarta melebarkan jangkauannya. Kali ini UNIBA Surakarta melakukan penelitian di area Polres Karanganyar. UNIBA Surakarta digandeng Kepolisian Resor Karanganyar.

LP3M UNIBA Surakarta menjalin kerjasama dengan Polres Karanganyar dalam hal survei integritas atau kepuasan pelayanan masyarakat terhadap pelayanan di Polres Karangarnyar. Selain itu, LP3M UNIBA Surakarta juga melaksanakan survei Internal Tata Kelola (ITK).

Dr. Ida Aryati mengungkapkan bahwa survei tentang ITK dilakukan secara online. Survei dimulai akhir bulan Mei 2020 ini dan berlangsung beberapa hari saja. Dr. Ida Aryati yang juga ketua LP3M mengutarakan tujuan dari adanya survei ITK ini adalah untuk melaksanakan konsolidasi reformasi internal di lingkungan Polri pada tingkat Mabes Polri dan kewilayahan melalui perbaikan kerangka kelembagaan dan peraturan serta koordinasi yang efektif dengan lembaga penegak hukum lainnya. Hal tersebut didukung dengan adanya faktor-faktor pendukung guna mencapai sasaran RBP dalam mewujudkan aparatur Polri yang bersih dan bebas dari KKN, peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja Polri.

Dr. Ida Aryati berharap melalui penelitian ini dapat mewujudkan aparatur Polri yang bersih dan bebas dari KKN. Sasaran lainnya adalah agar dapat terwujud pelayanan publik yang berkualitas dan birokrasi yang efektif serta efisien dalam kerangka dan semangat mendukung progam Promoter.

]]>
https://uniba.ac.id/utama/lp3m-uniba-surakarta-dan-polres-karanganyar-adakan-survei-kepuasan-pelayanan-kepada-masyarakat-dan-survei-internal-tata-kelola-itk/feed/ 0