Home / Info Kampus / Fakultas Pertanian / Fakultas Teknik Sains dan Pertanian UNIBA Surakarta Bahas Pertanian dan Sustainable Development Goals

Fakultas Teknik Sains dan Pertanian UNIBA Surakarta Bahas Pertanian dan Sustainable Development Goals

Fakultas Teknik Sains dan Pertanian UNIBA Surakarta menyelenggarakan kuliah umum yang bertajuk “pertanian & sustainable development Goals (SDG’S). Pada kesempatan kali ini menghadirkan narasumber ketua dewan penasehat PERHEPI (Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia) , Dr.Ir Bayu Krisnamurthi, MS. Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa fakultas Pertanian (prodi Agroteknologi, Agribisnis, dan peternakan) yang diselenggarakan di Ruang Sidoluhur pada hari Rabu, 21 November 2018.

Materi yang disampaikan dalam kuliah ini adalah tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2015–2030 secara resmi menggantikan Tujuan Pembangunan Millennium (MDGs) 2000–2015. SDGs berisi seperangkat tujuan transformatif yang  disepakati dan berlaku bagi seluruh bangsa tanpa terkecuali. SDGs berisi 17 tujuan, antara lain: (1). Tanpa kemiskinan (tidak ada kemiskinan dalam bentuk apapun); (2) tanpa kelaparan (Tidak ada lagi kelaparan, mencapai ketahanan pangan, perbaikan nutrisi, serta mendorong budidaya pertanian yang berkelanjutan); (3) kesehatan yang baik dan kesejahteraan (Menjamin kehidupan yang sehat serta mendorong kesejahteraan hidup untuk seluruh masyarakat di segala umur); (4) Pendidikan berkualitas (menjamin pemerataan pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan kesempatan belajar untuk semua orang); (5) Kesetaraan Gender (Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan kaum ibu dan perempuan); (6) Air Bersih dan Sanitasi (menjamin ketersediaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua orang); (7) Energi bersih dan terjangkau (Menjamin akses terhadap sumber energi yang terjangkau, terpercaya, berkelanjutan dan modern untuk semua orang); (8) pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak (Mendukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan, lapangan kerja yang produktif serta pekerjaan yang layak untuk semua orang); (9) industry, inovasi dan infrasturktur (membangun infrastruktur yang berkualitas, mendorong peningkatan industri yang berkelanjutan serta mendorong inovasi); (10) mengurangi kesenjangan (Mengurangi ketidaksetaraan baik di dalam sebuah negara maupun di antara negara-negara di dunia); (11) Keberlanjutan Kota dan Komunitas (Membangun kota-kota serta pemukiman yang berkualitas, aman dan bekelanjutan); (12) Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab (Menjamin keberlangsungan konsumsi dan pola produksi); (13) aksi terhadap iklim (Bertindak cepat untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya); (14) kehidupan bawah laut (Melestarikan dan menjaga keberlangsungan laut dan kehidupan sumber daya laut untuk perkembangan yang berkelanjutan); (15). kehidupan di darat (Melindungi, mengembalikan, dan meningkatkan keberlangsungan pemakaian ekosistem darat, mengelola hutan secara berkelanjutan, mengurangi tanah tandus serta tukar guling tanah); (16). institusi Peradilan yang Kuat dan Kedamaian (Meningkatkan perdamaian termasuk masyarakat untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses untuk keadilan bagi semua orang termasuk lembaga dan bertanggung jawab untuk seluruh kalangan); (17). Kemitraan untuk mencapai tujuan (Memperkuat implementasi dan menghidupkan kembali kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan).

Check Also

Mengenal Lebih Dekat Koperasi BATARI Lewat Mata Kuliah Operational Research

  Ir. Solichul HA Bakri, M.Erg sebagai pengampu mata kuliah Operational Research di Fakultas Ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *