Home / Info Kampus / Fakultas Hukum / FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA ADAKAN KULIAH DOSEN TAMU MATA KULIAH PRAKTIK HUKUM ACARA PIDANA TAHUN AKADEMIK 2019/2020

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA ADAKAN KULIAH DOSEN TAMU MATA KULIAH PRAKTIK HUKUM ACARA PIDANA TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Surat Dakwaan dan Surat Tuntutan merupakan mahkota bagi Penuntut Umum yang harus dijaga dan dipertahankan secara mantap.Ternyata kelalaian penuntutan pada umumnya bermula pada kekurangcermatan Penuntut Umum dalam pembuatan Surat Dakwaan, dan pada sisi lain membawa konsekuensi berupa timbulnya berbagai kendala dalam upaya pembuktian dakwaan. Peranan Surat Dakwaan dan Surat Tuntutan menempati posisi sentral dalam pemeriksaan perkara pidana di Pengadilan. Surat Dakwaan merupakan dasar sekaligus membatasi ruang lingkup pemeriksaan, dituntut adanya kemampuan atau kemahiran Jaksa Penuntut Umum dalam penyusunan Surat Dakwaan.

Menyadari betapa pentingnya peranan Surat Dakwaan dan Surat Tuntutan, maka kemampuan Penuntut Umum dalam menyusun Surat Dakwaan dan Surat Tuntutan perlu terus ditingkatkan dan sehubungan dengan itu diperlukan bimbingan serta pengendalian agar para Penuntut Umum mampu menyusun Surat Dakwaan secara profesional, efektif dan efisien guna mengoptimalkan keberhasilan tugas kejaksaan dibidang penuntutan.

Hal tersebut mendasari Fakultas Hukum Universitas Islam Batik Surakarta menyelenggarakan Kuliah Dosen Tamu Mata Kuliah Praktik Hukum Acara Pidana Tahun Akademik 2019/2020. Tujuan kegiatan tersebut adalah agar mahasiswa-mahasiswi dapat mencermati proses penyusunan Surat Dakwaan dan Surat Tuntutan antara teori dalam perkuliahan dengan praktik di dunia pengadilan. Mahasiswa mendapatkan wawasan strategi membuat Surat Dakwaan dan Surat Tuntutan adalah salah satu target yang diharapkan dari terselenggaranya kegiatan ini. Ketika mahasiswa memahami pengetahuan dan strategi membuat surat dakwaan dan surat tuntutan, diharapkan mamahasiswa mampu mengimplementasikan pengetahuan-pengetahuan tersebut.

 

Kegiatan yang diselenggarakan pada haru Jumat, 11 Oktober 2019 tersebut mendatangkan dua narasumber. Kedua narasumber tersebut adalah Bagus Hanindyo Mantri, SH, MH, Jaksa Fungsional dan Anggota Satgassus P3TPK Direktorat Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI. Narasumber kedua adalah Titin Herawati Utara, SH, MH, Kasubbagbin Kejari Jakarta Pusat. Perkuliahan dosen tamu tersebut bertempat di Ruang Laboratorium Moot Court Fakultas Hukum UNIBA Surakarta, Gedung B lantai 3.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Wahyu Beny Mukti Setiyawan ini diharapkan mampu membekali mahasiswa dengan ilmu-ilmu praktik. Ilmu-ilmu praktik tersebut nantinya dapat dimanfaatkan para mahasiswa ketika menjajaki dunia kerja.  (WBMS/FH)

Check Also

LEJITKAN POTENSI BAHASA INGGRIS LEWAT FOCUS GROUP DISCUSSION

Selasa, 19 November 2019, Prodi Manajemen FE UNIBA Surakarta kedatangan tamu dari Sierra Leone – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *